Ini Daftar Keunggulan Yahoo Mail

Logo Yahoo - Reuters
21 Desember 2019 23:27 WIB Gombang Nan Cengka Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Yahoo kini telah lenyap tertelan dominasi Google, setelah sempat menjadi mesin pencari internet utama. Namun, sebagai layanan surel, Yahoo Mail masih tetap menarik.

Sudah berapa akun surel gratisan yang Anda miliki? Bila Anda termasuk veteran dunia internet, salah satunya mungkin termasuk Yahoo Mail. Pada saat ini Yahoo sudah tidak lagi sepopuler masa jaya-jayanya pada awal 2000-an. Namun sebagai penyedia surel, Yahoo patut dilirik kembali tidak hanya sebagai akun alternatif, tetapi juga akun utama. Apa alasannya?

1. Kuota Berlimpah

Salah satu kelebihan Yahoo dibandingkan kompetitornya sesama penyedia surel gratisan adalah kuota yang diperbolehkan. Anda bisa menyimpan data surel sampai 1 terabyte (1.000 gigabyte) tanpa harus membayar. Ini jauh lebih besar daripada Google atau Microsoft yang hanya membolehkan penyimpanan data maksimum 15 GB untuk pengguna gratisan.

Harus diingat bahwa Yahoo akan menghapus semua surel secara otomatis bila Anda tidak pernah masuk log dalam 12 bulan terakhir.

2. Mengelola akun lain

Punya akun surel lain? Anda bisa mengelolanya dari Yahoo. Pada saat ini Yahoo mendukung surel dari Gmail, Outlook.com, Office365, AOL, dan akun Yahoo lainnya. Anda juga bisa mengirimkan surel atas nama akun dari layanan surel di atas.

Surel masuk dari akun lain itu (misalnya Gmail) akan selalu disinkronisasikan dari kotak masuk Yahoo Anda. Bila surel tersebut dihapus di Yahoo, surel tersebut juga akan disingkirkan dari penyedia surel asalnya (meskipun mungkin masih bisa ditemui di folder Trash/Bin).

Kuota Yahoo yang jauh lebih besar akan berguna di sini. Anda bisa misalnya menampung akun Outlook.com dan Gmail sekaligus di dalam akun Yahoo, tanpa harus khawatir kuota Anda akan terlampaui.

3. Alamat sementara

Anda mungkin ingin berlangganan nawala (newsletter) atau layanan lain yang menuntut Anda untuk memberikan alamat surel. Namun ada kalanya kita tidak ingin lagi berlangganan atau menerima surel dari layanan tersebut. Semestinya proses berhenti berlangganan ini mudah dilakukan, tetapi entah kenapa cukup banyak yang mempersulitnya.

Yahoo Mail menyediakan fitur alamat tambahan yang kemudian dapat dibuang bila tidak diperlukan lagi. Dengan fitur ini, kita bisa menghindari masalah berhenti berlangganan. Anda cukup membuat alamat baru surel yang dapat dibuang dari akun Yahoo Mail yang sudah ada. Bila Anda kemudian ingin berhenti berlangganan, cukup hapus alamat surel ini.

Yahoo memungkinkan Anda untuk membuat sampai 500 alamat surel yang dapat dibuang.

4. Akses dokumen

Pengirim surel kerap kali melampirkan gambar dan dokumen untuk ditinjau dan diolah lebih lanjut.

Kadang-kadang kita ingin langsung mengakses berkas ini dengan cepat. Ini bisa dilakukan dengan cepat dari antarmuka webmail Yahoo tanpa harus membuka surelnya terlebih dahulu.

Yahoo Mail mendukung tampilan berkas gambar serta dokumen kantoran (Microsoft Office dan Adobe PDF).

Pratinjauan berkas gambar dapat langsung dilihat dari tampilan utama, tetapi untuk membaca berkas Microsoft Office dan PDF, Anda harus mengkliknya terlebih dahulu.

Tentunya Anda juga bisa mengunduhnya langsung ke komputer pribadi untuk dibuka dengan aplikasi yang sesuai.

Sumber : bisnis.com