Penderita Asam Urat Harus Menghindari 6 Makanan Ini

Sakit asam urat - Istimewa
27 Desember 2019 10:47 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Gout adalah bentuk radang sendi yang menyakitkan yang berkembang ketika kelebihan asam urat menumpuk dan membentuk kristal di sendi Anda. 

Kondisi ini menyebabkan rasa sakit yang tiba-tiba, pembengkakan dan peradangan pada sendi dan sebagian besar memengaruhi jari-jari kaki, pergelangan tangan, lutut, dan tumit. Asam urat, terjadi karena produksi purin lebih, yang ditemukan dalam banyak makanan. 

Serangan gout biasanya terjadi pada malam hari dan selama 3-10 hari. Salah satu hal yang dapat lakukan adalah mengurangi jumlah purin yang Anda makan. 

Diet gout bertujuan membantu Anda mencapai berat badan yang sehat dan kebiasaan makan yang baik. Dengan membatasi konsumsi makanan yang tinggi purin, seperti daging organ, daging merah, makanan laut, alkohol dan bir, diet gout memandu Anda dalam mengonsumsi jenis makanan yang tepat, yang tidak hanya akan membantu mencegah timbulnya serangan ini. tetapi juga menjalani gaya hidup sehat. 

Berikut jenis makanan yang harus dihindari saat menderita asam urat.

1. Daging Merah Dan Daging Jeroan

Semua daging jeroan seperti hati, ginjal, roti manis dan otak harus dihindari karena mengandung purin dalam jumlah tinggi, yang dapat meningkatkan tingkat peradangan dan memicu serangan gout. Studi menunjukkan bahwa makanan purin tinggi ini adalah penyebab utama serangan gout pada individu dengan gout. Daftar ini juga termasuk daging, kalkun, daging sapi muda, daging rusa, hati, ginjal sapi dll. 

2. Kerang 

Salah satu jenis makanan utama yang harus dihindari adalah kerang seperti lobster dan udang. Selain itu, Anda juga harus menghindari konsumsi ikan teri, sarden, makarel, kerang, herring, kerang, codfish, trout, dan haddock juga. Kandungan purin tinggi di dalamnya berbahaya bagi seseorang yang menderita asam urat. 

3. Karbohidrat Halus 

Ini termasuk roti putih, nasi putih, pasta, gula yang dapat mempengaruhi kadar asam urat dalam tubuh, sehingga memicu serangan asam urat. Karbohidrat olahan mengandung kadar gula tinggi yang, menurut penelitian, dikaitkan dengan obesitas - faktor risiko yang diketahui untuk gout.

4. Makanan beku 

Makanan seperti pinggul, makanan ringan, makan malam beku harus dihindari ketika seseorang menderita asam urat. Studi menunjukkan bahwa makanan olahan adalah salah satu jenis makanan yang paling berbahaya bagi individu yang menderita encok. Makanan ini dapat menyebabkan gout karena peningkatan kadar asam urat dalam tubuh Anda. 

5. Minuman Manis 

Seperti disebutkan di atas, gula sangat berbahaya bagi tubuh Anda ketika menderita asam urat. Kandungan gula dalam minuman ini dipecah oleh tubuh Anda setelah dikonsumsi dan digunakan dalam melepaskan purin - penyebab utama serangan asam urat. Selain itu, kandungan fruktosa dalam minuman ini meningkatkan kadar asam serum dalam tubuh seseorang. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa minuman ringan bergula terkait dengan peningkatan risiko asam urat pada pria. 

6. Alkohol 

Seperti yang dinyatakan dalam penelitian, alkohol adalah sumber purin. Minum anggur, bir, dan minuman beralkohol lainnya telah dikaitkan dengan risiko episode asam urat sampai tingkat tertentu. Menurut sebuah penelitian, korelasi langsung antara konsumsi bir dan asam urat ditemukan, dengan jenis alkohol lain juga mempengaruhi kondisi peradangan. Studi lain juga mendukung temuan tersebut dengan menyatakan bahwa anggur memang meningkatkan risiko serangan asam urat, jadi minum alkohol berapapun meningkatkan risiko serangan asam urat. Jauhi minuman manis seperti soda dan jus buah. Anda juga mungkin perlu membatasi atau menghindari alkohol.

Bicarakan dengan dokter Anda dan cari tahu diet yang paling cocok untuk Anda. Mohon dicatat bahwa, sementara diet sehat dapat membantu mengontrol berapa banyak asam urat dalam sistem Anda, Anda mungkin masih memerlukan obat untuk mencegah serangan di masa depan.

Sumber : Bisnis.com