Advertisement

Mengenal Dysania, Kondisi yang Bikin Orang Susah Bangun Tidur

Newswire
Kamis, 09 Januari 2020 - 08:57 WIB
Nina Atmasari
Mengenal Dysania, Kondisi yang Bikin Orang Susah Bangun Tidur Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Saat bangun tidur, ada sebagian orang yang merasa kesulitan langsung bangun dan harus "ngleu-ngleut" terlebih dahulu. Hal ini bisa terjadi karena kelelahan. Namun tahukah kamu? Gejala dysania juga bisa jadi penyebabnya. Apa itu dysania?

Dysania adalah kondisi yang menyebabkan kamu sulit beranjak dari tempat tidur. Selain sulit beranjak dari tempat tidur, pengidap dysania juga merasa cemas ketika meninggalkan tempat tidurnya. Ketika meninggalkan tempat tidur, pengidap dysania akan benar-benar merindukan tempat tidurnya sehingga ingin segera kembali tidur.

Advertisement

Pengidap dysania ini rupanya disebabkan karena kondisi kesehatan mental yang terganggu.

"Ini adalah perilaku yang kadang-kadang terlihat pada mereka yang menderita gangguan depresi berat," jelas Dr Mark Salter dari Royal College of Psychiatrists, dikutip dari The Sun.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan dysania?

Meskipun tidak ada pengobatan medis atau penyembuhan bagi mereka yang menderita dysania, ada beberapa langkah kecil yang dapat dicoba untuk mengurangi gejalanya, seperti berikut:

1. Pakai aplikasi siklus tidur

Coba untuk gunakan aplikasi siklus tidur. Hal ini bisa membantumu untuk melihat apakah siklus tidurmu benar-benar kurang, atau malah berlebihan. Maka dari itu, nantinya kamu akan mulai menyadari apakah selama ini kamu tidur karena kelelahan, atau karena gejala dysania.

2. Tidur jauh lebih awal dari biasanya

Ketika kamu terbiasa tidur tengah malam, coba untuk majukan waktu tidurmu satu jam lebih awal. Hal ini dapat menghindari gejala dysania berlangsung secara berkepanjangan.

3. Gunakan alarm yang berbeda

Jika kedua hal tadi benar-benar tidak bisa membuatmu terbangun dari tempat tidur. Coba untuk pasang alarm yang berbeda. Sebisa mungkin, jauhkan alarm dari tempat tidurmu agar membantu kamu untuk segera beranjak dari tempat tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Detik.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Sleman Rusak Akibat Proyek Tol, Perbaikan Dilimpahkan ke Pengembang

Sleman
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement