Tren Ruang Kantor 2020, Yuk Aplikasikan!

Ruang kantor Plug and Play. - Media / Plug and Play Tech Center
09 Januari 2020 12:27 WIB Mutiara Nabila Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Tahun baru, ide untuk mengubah tampilan ruang kerja bisa saja muncul. Bagi Anda yang ingin cari suasana baru, ini beberapa tren ruang kantor yang bisa diaplikasikan dan dijadikan tren tahun ini.

General Manager JustCo Jakarta Michael Sim menyebutkan bahwa desain ruang kantor memiliki hubungan langsung dengan produktivitas pekerjanya. Oleh karena itu, ruang kantor perlu dirancang sedemikian rupa agar pekerja tetap nyaman berada di kantor dan menjadi lebih produktif.

 Desain Biofilik

Salah satu desain yang bakal menjadi tren ruang kantor pada 2020 adalah desain biofilik. Desain ini didasarkan pada konsep peningkatan konektivitas ke lingkungan melalui penggabungan elemen dan bahan alami.

“Tekstur kayu sekarang sedang menjadi tren, ini membawa nuansa lebih hidup di kantor. Semakin banyak digunakan, semakin meningkatkan perasaan nyaman dan produktivitas,” ungkap Michael melalui siaran pers, Rabu (8/1/2020).

Ruang Serba Guna

Selanjutnya, dengan gaya hidup yang modern dan makin dinamis, kini ruang kantor perlu memiliki ruang serba guna. Pasalnya, kebutuhan setiap pengguna ruang kantor berbeda-beda, apalagi di ruang kantor modern yang dipakai bersama seperti ruang kerja bersama (co-working space).

“Tempat kerja modern yang dirancang dengan baik dan penuh pertimbangan adalah tempat yang menyediakan tingkat privasi yang berbeda untuk penggunanya, mulai dari ruang kantor pribadi, bilik telepon, dan ruang pertemuan hingga rencana ruang komunal terbuka dengan peluang kolaborasi,” ungkap Michael.

 Penerangan yang Baik

Saat ini, ruang kerja bersama memiliki daya tarik yang cukup besar untuk digunakan pekerja masa kini. Selain karena fleksibilitas yang ditawaran, juga karena suasananya yang hangat.

Agar membuat pekerja yang menggunakan ruang kantor menjadi lebih nyaman, co-working space bisa didesain menggunakan pencahayaan yang baik menggunakan perpaduan antara lampu LED dengan lampu samping dan lampu sorot untuk membangkitkan perasaan yang lebih nyaman.

“Lampu neon kekinian yang minimalis bisa menambah warna untuk memicu motivasi, kreativitas, dan inspirasi para pekerja,” kata Michael.

Selain menggunakan lampu, upayakan juga agar ruang kantor bisa dimasuki cahaya alami. Pencahayaan alami memunculkan suasana yang lebih tenang dan ramah di kantor. Ini bisa mempermudah pekerja untuk lebih konsentrasi.

 Ruang Menyusui dan Ruang Salat

Saat ini, makin banyak karyawan yang menuntut pengaturan fleksibel pada ruang kantornya, salah satunya adalah keinginan untuk tersedianya fasilitas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti ruang menyusui dan ruang ibadah.

Adanya fasilitas tersebut bisa menunjang keseimbangan pekerjaan dan kehidupan pekerja. Selain itu, karena Indonesia adalah rumah bagi masyarakat muslim terbesar di dunia, ruang salat di kantor juga menjadi kebutuhan utama yang tak boleh dilupakan.

 Bilik Telepon Pribadi

Meskipun ruang kerja bersama dan fleksibel lebih diminati saat ini, pekerja tetap perlu privasi pribadi. Salah satu untuk pemenuhan kebutuhan tersebut adalah dengan menyediakan bilik telepon probadi yang kedap suara.

“Ini adalah bagian penting dari desain kantor terutama di co-working space, ini bukan hanya tren tapi harus jadi kewajiban yang tersedia di seluruh ruang kantor,” lanjut Michael.

 Variasi dan Fleksibilitas

Menurut Forbes, variasi adalah salah satu tren dalam desain kantor, dan akan berlanjut pada 2020. Semua pekerja memiliki preferensi yang berbeda. Jadi, penting untuk menyediakan ruang kerja untuk berbagai tipe kebutuhan individu maupun perusahaan.

Kantor bisa menawarkan berbagai ukuran ruang pertemuan, ruang permainan untuk melepaskan semangat, meja bersama untuk perubahan kecepatan, dan banyak lagi. Semua fitur ini bertujuan untuk mendorong ruang kantor yang inklusif yang mendukung semua metode kerja.

Sumber : bisnis.com