Tak Perlu Dipaksa, Cara Ini Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Anak yang Takut Mandi

Bayi merangkak - ilustrasi
12 Januari 2020 18:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Anak-anak terkadang sulit disuruh mandi, entah karena cuaca agak dingin, malas atau alasan lainnya.

Padahal saat mandi, orang tua bisa menjalin kelekatan dengan anak mereka (terutama di bawah usia lima tahun) sekaligus menjaga tubuh mereka tetap bersih.

Berikut ada lima hal atau benda yang bisa Anda pertimbangkan agar anak menganggap mandi sebagai kegiatan menyenangkan:

1. Buat suasana berlayar

Waktu mandi tak akan sama tanpa kapal untuk bermain. Simpan semua karton dan botol Anda yang bersih dan kosong karena ini bisa menjadi alat main yang tepat bagi semua bajak laut pemula.

Anda bahkan dapat membuat kesenangan sebelum mandi, misalnya mewarnai kapel dengan krayon dan membantu anak membuat kapal impian mereka.

2. Buat gelembung

Salah satu yang identik dengan mainan anak-anak sebagian orang tua yang lahir tahun 1990-an adalah krayon mandi dan palet cat mandi. Untuk efek yang sama dan menghemat beberapa rupiah, Anda bisa membeli plastik dan mencampur dengan pewarna makanan.

3. Waktu Mandi ala punk-rocker

Salah satu cara terbaik untuk menghindari air mata pencucian rambut adalah membuat anak-anak merancang gaya rambut mohawk mereka sendiri lewat busa sampo. Buat berbagai gaya menggunakan sampo. Ingatlah untuk memilih sampo yang ringan tapi bersabun, untuk volume ekstra tetapi tak terlalu pedih di mata.

4. Akuarium laut

Sebagian besar anak suka akuarium dan makhluk laut. Mengapa tidak membuat sendiri di rumah di bak mandi Anda? Ini juga akan menjadi hiburan mandi yang bagus.

Cobalah menggambar dan menghias ikan, putri duyung, kepiting, dan makhluk laut lainnya, lalu laminasi dengan plastik dan taruhlah ke dalam bak mandi anak. Anak-anak akan bersenang-senang mencari mainan itu di antara semua gelembung. Anda juga bisa menambahkan beberapa harta karun untuk bermain bajak laut bersama anak.

5. Bebek karet

Bebek karet relatif disukai anak karena warnanya cerah. Terlebih lagi, bebek ini awet dan terlihat hebat sebagai ornamen di kamar mandi Anda. Mengapa tidak membangun keluarga bebek dan biarkan imajinasi anak-anak Anda menjadi berkembang, demikian seperti dilansir Female First.

Sumber : Antara