Advertisement

Ini Penyebab Wanita Lebih Cepat Dewasa daripada Pria

Mia Chitra Dinisari
Senin, 03 Februari 2020 - 10:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini Penyebab Wanita Lebih Cepat Dewasa daripada Pria Ilustrasi - Filipino4u

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Anggapan bahwa perempuan lebih cepat dewasa dibandingkan pria bisa juga benar adanya.

Contohnya perempuan bisa terlihat lebih tua daripada usia sebenarnya. Sementara pria dikenal makin tua makin terlihat berkharisma, terutama ketika menginjak usia 40 tahun.

Advertisement

Sains juga mendukung fakta bahwa perempuan bisa dewasa jauh lebih cepat dibandingkan pria. Berikut alasannya menurut para profesional.

1. Perempuan mengoptimalkan koneksi otak lebih cepat daripada pria

Menurut Psychology Today, wanita biasanya menunjukkan kekuatan kognitif dan emosional yang lebih tinggi sebelum pria, dan inilah sebabnya. Sekali lagi, mereka menunjukkan bahwa kedewasaan ini sering pada spektrum. Itu berarti bahwa tidak semua orang matang pada tingkat yang sama, tetapi bahwa perempuan tampaknya mendapatkan lebih cepat.

Ketika koneksi di otak tidak digunakan, mereka menyusut. Ini sering terjadi selama masa kanak-kanak ketika otak kita lebih baik mempersiapkan kita untuk bertahan hidup di lingkungan kita. Itulah sebabnya penting untuk mengajarkan pesan penting kepada anak-anak muda tentang pemberdayaan, harga diri, dan bahkan keluaran emosional. Aktivitas fisik juga penting. Memberitahu anak laki-laki bahwa menangis tidak apa-apa mungkin memiliki efek jangka panjang.

2. Pria kecanduan game

Para ilmuwan menemukan bahwa terus-menerus melihat layar dapat merusak pertumbuhan otak. Banyak anak muda terutama anak laki-laki sulit menjadi dewasa di era digital karena masalah kecanduan tadi.

3. Otak perempuan berkurang terus menerus

Itu cara berpikir yang aneh, tetapi para ilmuwan mengklaim itu benar. Sol Lim, seorang mahasiswa pascasarjana di Universitas Newcastle di Inggris, melakukan penelitian pada tahun 2013 untuk Cerebral Cortex. Seharusnya, proses pengurangan otak terjadi sepanjang hidup kita. "Prosesnya dimulai beberapa tahun setelah kelahiran dan terus terjadi hingga sekitar 40 tahun," kata Lim.

4. Perempuan lebih tertekan secara sosial

Banyaknya aturan gender terhadap perempuan, menjadikan sebuah tekanan sosial pada perempuan. Mereka diharapkan bisa bersikap lebih sopan dan lebih beretika dibandingkan pria. Akibatnya tekanan ini membuat mereka menjaga perilaku yang menunjukkan kedewasaan.

5. Pria baru memasuki kematangan maksimal di usia 40 tahun

Tentu saja, jumlah itu lebih sedikit untuk wanita, yang dilaporkan dewasa antara usia 30 dan 32 (meskipun kita sering merasa kita sudah matang jauh lebih awal dari itu). Jadi, jika Anda masih sedikit dimatikan oleh selera humor cabul pacar Anda, itu mungkin bukan dia - mungkin saja di situlah otaknya seusianya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bolde.com/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement