Advertisement

Ini Alasan Usia Anak Masuk SD Harus 7 Tahun

Newswire
Minggu, 09 Februari 2020 - 12:47 WIB
Nina Atmasari
Ini Alasan Usia Anak Masuk SD Harus 7 Tahun Ilustrasi. - SOLOPOS/Ratna Puspita Dewi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Tahun ajaran baru masih beberapa bulan lagi, namun banyak ornag tua mulai memikirkan sekolah baru untuk anaknya yang akan masuk jenjang baru. Salah satunya orang tua yang anaknya akan masuk SD.

Masuk SD usia 6 tahun atau 7 tahun? Selama ini kerap muncul pertentangan mengenai hal itu hingga peraturan usia masuk SD 7 tahun yang berlaku di sekolah negeri kerap menuai protes dari orang tua.

Advertisement

Banyak orang tua beralasan anak mereka siap masuk sekolah dasar atau SD karena sudah mampu baca tulis dan berhitung. Salah satu alasan usia masuk SD 7 tahun adalah anak pada usia 5-6 tahun masih dalam tahap mengembangkan keterampilan sosial dan motorik atau gerak.

Sedangkan untuk mulai belajar di kelas 1 SD anak harus sudah bisa serius mengikuti pelajaran dalam waktu yang cukup lama dan dalam ruang yang terbatas.

Berikut ini beberapa alasan mengapa usia masuk SD ditetapkan 7 tahun minimal 6 tahun sebagaimana dikutip dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, beberapa waktu lalu.

Aspek Fisik

Pada usia 7 tahun, anak dianggap paling siap secara fisik termasuk untuk diam di kelas sampai siang. Gerakan motorik anak sudah lebih bagus, otot dan sarafnya juga sudah terbentuk.

Misalnya pada usia masuk SD anak yang berumur 7 tahun sudah mampu memegang pensil sehingga jika harus menulis bisa dilakukan tanpa bantuan orang lain. Sementara usia kurang dari 6 tahun terkadang belum siap karena anak-anak usia ini masih suka bermain.

Aspek Psikologis

Dalam teori perkembangan, anak mulai bisa berkonsentrasi dengan baik pada usia di atas 6 tahun. Semakin bertambah usianya, kemampuan konsentrasi meningkat.

Anak akan semakin mampu memilah materi mana yang harus diperhatikan dan yang harus diabaikan. Rentang konsentrasi untuk usia sekolah biasanya sekitar 30-45 menit.

Anak yang terlalu dini masuk SD umumnya masih bermasalah khususnya di kelas I karena belum siap untuk belajar berkonsentrasi. Ia masih mengembangkan keterampilan geraknya.

Akibatnya dia akan sulit berkonsentrasi, meskipun secara kemampuan intelektualnya dia sudah cukup mampu menyelesaikan soal-soal yang disediakan.

Aspek Kognitif

Alasan usia masuk SD 7 tahun adalah saat akan masuk ke SD anak diharapkan mampu membaca, menulis, berhitung sederhana. Selain itu, anak juga diharapkan mampu mengikuti instruksi, paham dan bisa mengerjakan soal-soal yang diberikan.

Aspek Emosi

Umumnya anak yang terlalu dini masuk SD memang cukup matang secara akademik. Namun, biasanya kematangan emosi dan kemandiriannya belum maksimal. Padahal di jenjang SD anak tidak lagi akan mendapat perhatian seperti di TK.

Anak diharapkan lebih mandiri dan juga tidak lagi terlalu tergantung pada orang tua. Jadi, masalah yang akan terlihat adalah anak bisa mengikuti pelajaran di sekolah, tapi di sisi lain, misalnya anak masih minta ditunggui bunda atau tidak berani pipis sendiri di toilet umum sekolah.

Atau akan mudah menyerah terhadap tugas yang diberikan atau tidak mau mengerjakan PR karena masih lebih suka bermain dan sebagainya.

Melihat berbagai aspek tersebut, Kemendikbud menyarankan usia masuk SD 7 tahun. Orang tua diminta melihat kondisi anak agar tidak terlalu dini menyekolahkan anak.

Jika belum yakin memasukkan anak ke SD tidak perlu dipaksakan. Alangkah baiknya tidak memaksakan kehendak pada anak. Biarkan anak juga yang menentukan. Keberhasilan dan perkembangan anak juga ditentukan oleh keputusan awal memasukkan anak ke SD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

PDIP Buka Peluang Koalisi, PAN Mantap Usung Kustini di Pilkada Sleman

Sleman
| Kamis, 18 April 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

2 Oknum Pegawai Lion Air Jadi Sindikat Narkoba, Begini Modus Operasinya

News
| Kamis, 18 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement