Advertisement

Susah Bangun Pagi, Ganti Bunyi Alarm dengan Lagu Merdu

Newswire
Selasa, 18 Februari 2020 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Susah Bangun Pagi, Ganti Bunyi Alarm dengan Lagu Merdu Ilustrasi tidur - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Kesulitan bangun pagi kerap dialami banyak orang.

Apakah Anda salah satu yang sulit bangun tidur meski sudah memasang alarm? Menurut sekelompok peneliti Australia, gangguan di pagi hari yang menyebabkan Anda sulit bangun tidur bisa saja dikarenakan oleh jenis alarm yang Anda gunakan.

Advertisement

Faktanya, penelitian mereka menunjukkan bahwa jika Anda menggunakan nada yang lebih keras dan kasar sebagai nada alarm, itu sebenarnya dapat mengganggu dan membuat Anda merasa grogi. Akan tetapi, alarm yang lebih merdu dapat membantu Anda merasa lebih terjaga.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One ini melibatkan 50 orang. Setiap orang diberi kuesioner yang dapat mereka selesaikan secara anonim di rumah.

Para responden ditanya tentang jenis suara yang mereka sukai untuk alarm, bagaimana perasaan mereka tentang suara itu, dan seberapa terjaga atau pusing perasaan mereka setelah bangun tidur.

Penulis utama Stuart McFarlane, seorang peneliti doktoral di RMIT University, mengatakan timnya menemukan bahwa nada alarm "melodi" dikaitkan dengan orang-orang yang merasa bahwa mereka memiliki waktu yang lebih mudah menjadi terjaga dan waspada. Tidak merasa terburu-buru dan panik untuk bangun tidur.

Ini berbeda dengan alarm yang mengulang satu nada, seperti jam alarm tradisional, atau suara bel berdering. McFarlane berteori bahwa mungkin naik turunnya nada dalam alarm yang lebih melodi membantu memusatkan perhatian otak kita.

Alarm “beep beep beep” yang lebih monoton dapat meningkatkan kecemasan dan menimbulkan kebingungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement