Ini Tips dari Polisi Agar Anak Terhindar dari Kekerasan Seksual

Ilustrasi kekerasan pada anak - Antara
22 Februari 2020 16:07 WIB Sholahuddin Al Ayyubi Lifestyle Share :

Harianjogja.comJAKARTA - Kejahatan seksual menjadi salah satu ancaman untuk anak-anak. Polri membagikan tips dan trik kepada orang tua agar anaknya terhindar dari kejahatan seksual yang belakangan ini dinilai marak terjadi di sekolah.
 
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengemukakan ada tiga tips dan trik untuk orang tua agar anaknya terhindar dari kejahatan seksual tersebut. Tips dan trik yang pertama, menurut Argo yaitu memeriksa handphone sang anak yang sudah mulai diberikan gawai.
 
Menurutnya, jika ponsel pintar anak itu terkunci dan menggunakan password, orang tua patut untuk curiga mengenai isi ponsel anak tersebut.
 
"Kalau gadget anak itu dikunci, orang tua tetap harus mengeceknya, karena kalau masih kecil sudah memakai password di hanphonenya, kita perlu waspada," tuturnya, Jumat (21/2/2020).
 
Kemudian yang kedua, orang tua disarankan agar lebih peka terhadap setiap perubahan kebiasaan anaknya. Menurutnya, anak yang menjadi korban kekerasan seksual biasanya memiliki kebiasaan yang berbeda dari biasanya.
 
"Kemudian yang kedua, ada perubahan perilaku pada anak, berbeda dari biasanya. Mohon untuk peduli dan jangan dibiarkan," katanya.
 
Terakhir, kata Argo, jika anak tersebut memakai media sosial, orang tua harus rutin memantau apa saja aktivitas sang anak di media sosial, sehingga orang tua dapat melakukan pencegahan jika ada potensi kekerasan seksual terhadap anak.
 
"Media sosial anak juga harus diperhatikan ya, tetap dalam harus dalam pengawasan orang tua," ujarnya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sumber : Bisnis.com