Advertisement

Hai, Kaum Pria, Kenali Warna Sperma yang Sehat!

Newswire
Selasa, 25 Februari 2020 - 09:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hai, Kaum Pria, Kenali Warna Sperma yang Sehat! llustrasi sperma - Shutterstock/Suara.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Setiap lelaku menginginkan kondisi sperma yang sehat karena dapat meningkatkan kesempatan untuk hamil bagi pasangan suami-istri.

Sperma yang sehat biasanya ditandai dengan jumlah yang lebih banyak, gerakan (berenang untuk membuahi), dan bentuk (kepala membulat dan ekor yang kuat serta panjang). Selain itu, warna juga bisa menentukan seberapa sehat spermamu.

Advertisement

Lalu seperti apa warna sperma yang sehat? Dirangkum dari The Asian Parent, berikut adalah beberapa warna sperma yang pernah ada dan artinya bagi kesehatannya.

1. Berwarna putih atau keabuan

Warna cairan sperma yang normal biasanya adalah putih atau keabuan dengan konsistensi seperti jeli. Jika kamu memiliki sperma dengan warna seperti ini, maka spermamu dalam keadaan sehat.

Tetaplah menjalankan gaya hidup sehat seperti tidak merokok, perbanyak olahraga, makan sehat yang teratur dan istirahat yang cukup untuk menjaga kualitas dan jumlah sperma yang terbaik.

2. Merah muda, merah, cokelat, atau oranye

Mungkin kamu akan terkejut apabila menemui spermamu memiliki warna-warna tersebut. Kemungkinan besar warna tersebut muncul karena hematospermia atau adanya darah dalam cairan semen.

Dalam beberapa kasus, bisa jadi hal ini disebabkan oleh seks atau masturbasi yang terlalu kasar, yang bisa sembuh sendiri nantinya. Dalam kasus lain, bisa jadi warna ini disebabkan oleh tekanan darah, penyakit menular seperti herpes, klamidia, dan gonorea, atau infeksi prostat.

Apabila kamu juga merasakan nyeri di atau sekitar selangkangan, segera periksakan ke dokter.

3. Hitam

Seringnya warna hitam pada sperma disebabkan oleh darah yang sudah lama. Namun bisa juga karena adanya cedera di saraf tulang punggung. Konsultasikan kepada dokter jika kamu tak mengalaminya, karena bisa jadi ini adalah tanda masalah yang lebih serius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dua Kali Terkena Serangan Jantung, Krasno Bersyukur Biaya Perawatan Ditanggung BPJS Kesehatan

Sleman
| Sabtu, 04 Mei 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Keamanan Wilayah di Jateng Dinilai Kondusif, Investor Terus Berdatangan

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement