Advertisement

Buah-Buah Ini Bantu Turunkan Tekanan Darah dan Risiko Sakit Jantung

Nancy Junita
Senin, 11 Mei 2020 - 11:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Buah-Buah Ini Bantu Turunkan Tekanan Darah dan Risiko Sakit Jantung Buah-buahan mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun, ada beberapa buah yang terlarang bagi penyakit tertentu. - Boldsky

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAPemilihan buah yang tepat dapat menjaga tekanan darah terkendali. Tingginya kalium dan natrium rendah dalam beberapa buah dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Tekanan sistolik 140 atau lebih dan / atau tekanan diastolik (pembacaan bawah) 90 atau lebih menunjukkan bahwa Anda memiliki tekanan darah tinggi.

Advertisement

Untuk menurunkan tekanan darah tak selalu dengan obat resep. Mencoba mengubah gaya hidup dapat mengendalikan tekanan darah, namun tetap berkonsultasi ke dokter.

Perubahan yang disarankan meliputi:

• Awasi garis pinggang Anda. Buang lemak ekstra yang ada di pinggang

• Berolahraga secara teratur. Bahkan aktivitas fisik seperti jalan cepat dan bersepeda atau berkebun dapat membantu mengendalikan tekanan darah Anda.

• Minum alkohol hanya sesekali dan sedang

• Berhenti merokok.

• Kurangi natrium. Hindari makanan olahan atau gorengan. Usahakan kurang dari 1.500 mg natrium sehari jika Anda memiliki tekanan darah tinggi.

• Tingkatkan asupan potasium.

Kalium dapat mengurangi efek natrium pada tekanan darah. Bagaimana kalium membantu mengurangi tekanan darah?

alpukat

Dikutip dari medindia.net, kalium adalah mineral yang sangat penting untuk berfungsinya semua sel tubuh. Seiring dengan natrium, kalsium dan magnesium, kalium membantu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh.

Terlalu banyak garam atau natrium menyebabkan retensi air dalam tubuh. Ini meningkatkan volume darah dan memberi tekanan pada dinding arteri yang mengakibatkan tekanan darah tinggi.

Sekali lagi, kadar kalium rendah dan kadar natrium tinggi, membuat jantung dan pembuluh darah bekerja lebih keras dan karenanya meningkatkan tekanan pada dinding. Jadi, menjaga keseimbangan natrium-kalium yang tepat penting untuk berfungsinya tubuh.

Karena diet biasanya mengandung banyak sodium, penting untuk menambah asupan kalium. Bila Anda memiliki tekanan darah tinggi, perlu mengurangi asupan natrium dan meningkatkan asupan kalium untuk mendapatkan efek yang lebih baik.

Buah yang Menurunkan Tekanan Darah

National Institutes of Health (NIH) merekomendasikan diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Rencanakan diet DASH kaya akan buah, sayuran, dan produk susu rendah lemak. Ini juga tinggi kalium, kalsium dan magnesium yang berguna dalam mengendalikan tekanan darah tinggi.

Data dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional Ketiga (NHANES III) menunjukkan bahwa asupan kalium makanan yang lebih tinggi dikaitkan dengan tekanan darah yang secara signifikan lebih rendah.

Uji coba DASH memberikan dukungan lebih lanjut untuk efek menguntungkan dari diet kaya kalium pada tekanan darah.

Menurut uji coba itu, konsumsi makanan termasuk 8,5 porsi / hari buah-buahan dan sayuran, dan 4.100 mg / hari kalium menurunkan tekanan darah dengan rata-rata 2,8 / 1,1 mm Hg (BP sistolik / BP diastolik) pada orang dengan tekanan darah normal dan dengan rata-rata 7,2 /2,8 mm Hg pada orang dengan hipertensi.

Meningkatkan asupan kalsium sebanyak 800 mg / hari dalam uji coba DASH menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik lebih jauh.

Karena buah-buahan mengandung banyak nutrisi penting, vitamin dan anti-oksidan selain kalium, adalah salah satu jenis makanan terbaik yang dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda.

Berikut adalah beberapa buah-buahan yang tinggi kandungan kalium dan yang membantu menurunkan tekanan darah.

Aprikot

Aprikot adalah sumber kalium dan vitamin A. yang sangat baik. Kandungan natriumnya sangat rendah, juga lemak jenuh dan kolesterol.

Alpukat

Alpukat kaya akan beragam vitamin dan tinggi lemak tak jenuh tunggal dan kalium. Ini mengandung alkohol lemak unik, yang disebut avocadene, yang memiliki sifat kuratif untuk sejumlah penyakit termasuk tekanan darah tinggi. Alpukat sangat rendah kolesterol dan merupakan sumber serat makanan yang baik.

Pisang

Pisang adalah buah serbaguna - makan pisang utuh sebagai camilan atau tambahkan irisan pisang ke sereal pagi Anda atau membuat salad buah dengan pisang sebagai salah satu bahan. Apa pun cara Anda memakannya, pisang berukuran sedang akan memberikan 422 mg potasium dan 17 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk vitamin C.

Dengan serat makanan 2,83 g, buah ini akan membantu Anda tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

blewah

Blewah

Blewah adalah buah yang termasuk dalam keluarga melon. Ini adalah sumber vitamin A dan vitamin C.

Ingatlah untuk mencuci bagian luar blewah sebelum memotongnya karena bakteri dapat tumbuh di permukaannya. Dinginkan jika Anda tidak akan segera mengonsumsinya.

Jeruk dan Lemon

Buah jeruk paling dikenal karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Jeruk bali jeruk kaya nutrisi dan rendah kalori. Dengan kandungan kalium 326 mg dan tanpa natrium, ini adalah salah satu buah terbaik yang menurunkan tekanan darah. Limau juga merupakan sumber kalium, kalsium, fosfor, vitamin A, dan folat yang baik. Buah-buah ini mengandung 2,8 g serat makanan.

Anggur

Buah ini memiliki rasa yang khas dan tajam. Pilih buah anggur matang untuk rasa dan kualitas terbaik. Bioflavonoid hadir dalam jeruk bali dan buah jeruk lainnya tidak hanya membantu menurunkan tekanan darah tetapi juga membantu menurunkan kadar kolesterol.

Melon

Melon adalah sumber vitamin A, vitamin C, thiamin, dan kalium yang sangat baik. Buah ini juga merupakan sumber magnesium, folat dan vitamin B6 yang baik.

Tips untuk makan buah:

• Kalium larut ke dalam air selama memasak. Jadi cara terbaik untuk mendapatkan kalium adalah melalui buah-buahan.

• Simpan buah di meja atau di depan kulkas. Dengan begitu Anda akan lebih mungkin memperhatikan dan memakannya.

• Pilih warna dan variasi buah-buahan. Pilih buah kuning, hijau, oranye, dan merah.

• Salad buah adalah cara yang menarik untuk makan buah.

• Jadikan buah sebagai camilan

• Coba beberapa buah baru.

• Kalium dapat mengurangi efek natrium pada tekanan darah, dan buah-buahan adalah sumber potasium.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com, medindia.net

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement