Advertisement

Ini Pentingnya Mengkonsumsi Makanan Berserat untuk Saluran Cerna

Krizia Putri Kinanti
Kamis, 25 Juni 2020 - 21:47 WIB
Nina Atmasari
Ini Pentingnya Mengkonsumsi Makanan Berserat untuk Saluran Cerna Saluran cerna - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Tubuh manusia memerlukan serat demi meningkatkan kekebalan tubuh. Posko sistem imunitas di dalam tubuh, sekitar 70% sistem imun ada di saluran pencernaan sehingga kondisinya harus selalu baik.

Apalagi, dengan kondisi yang terpaksa harus hidup berdampingan dengan virus COVID-19 yang belum ada prediksi tepatnya kapan akan berakhir khususnya di Indonesia maka menjaga imun tubuh adalah satu hal yang harus diutamakan demi menjaga diri sendiri serta mengurangi tingkat penularan virus tersebut.

Advertisement

dr. Hilna Khairunisa Shalihat spesialis gizi mengatakan bahwa konsumsi serat yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan yang kemudian akan meningkatkan sistem imun tubuh.

Baca juga: Penting Mana, Masker atau Face Shield?

“70% sel imun yang terdiri dari Dendritic Cells (DCs), T-cells, dan Immunoglobulin A (IgA) terdapat pada sistem pencernaan maka dengan sistem pencernaan yang sehat, banyak benefits lainnya yang bisa didapatkan, diantaranya mengurangi tingkat stress, asupan pola makan tercukupi dan yang utama adalah imun tubuh kuat dan terjaga sehingga mengurangi risiko penularan penyakit, baik yang disebabkan oleh virus maupun patogen lain”, katanya dalam virtual konferensi pers FibreFirst, Kamis (25/6/2020).

Dia mengatakan bahwa sistem pencernaan sangat berhubungan dengan stress karena adanya Gut-Brain Axis, dari usus ke otak. Sehingga apabila mengalami stress, hormon stress akan meningkat. Hormon stress ini akan membuat banyak sekali mediator-mediator yang inflamasi sehingga tidak baik untuk saluran cerna.

Baca juga: Mantan Pasien Covid-19 Terancam Punya Parut Paru-Paru yang Tak Bisa Disembuhkan

“Mengonsumsi serat juga dapat menjaga saluran cerna. Dalam satu piring makan nasinya harus sama dengan sayurnya, setengah dari piring adalah serat yakni sayur dan buah. Karena kita mau rumahnya sistem imun baik, 5-7 porsi serat sehari harus dimakan per harinya. Pencernaan sehat imunitasnya kuat,” ujarnya.

Adapun, Sales dan Marketing Director, Jozef Thenu mengatakan bahwa FibreFirst sebagai suplemen dapat menjadi pilihan utama untuk bantu jaga imun tubuh karena dalam setiap sasetnya, FibreFirst mengandung serat premium dan nutrisi dari ekstrak buah pilihan yang dapat memenuhi asupan buah dan sayur, serta menyehatkan sistem pencernaan dengan detoksifikasi optimal.

FibreFirst juga merupakan suplemen kesehatan pertama di Indonesia yang terjamin kualitasnya dengan memberikan 30-Day Money Back Guarantee , dimana FibreFirst memberikan jaminan pengembalian uang jika dalam 30 hari konsumen tidak merasa puas oleh manfaat kesehatan dari FibreFirst.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Baliho Menjamur di Jalanan Sleman, Lurah Banyurejo Siap Maju di Pilkada 2024

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement