Hati-Hati, Kopi Bisa Sebabkan Kembung

Ilustrasi - Dumblittleman
30 Juni 2020 23:37 WIB Desyinta Nuraini Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Saat ini, minum kopi bukan hanya menjadi rutinitas namun telah menjadi gaya hidup dan tren di kalangan remaja dan pekerja dengan menjamurnya coffee shop.

Namun memang terkadang ada rasa tidak enak setelah minum kopi, apalagi diminum secara berlebihan.

Bisa jadi, rasa tidak enak yang ditimbulkan setelah minum kopi merupakan gejala perut kembung. Ya, melansir Express UK, Selasa (30/6/2020), kopi hitam memang dapat memicu kembung karena kandungan asamnya.

Baca juga: Gejala Baru Virus Corona: Sensitif Terhadap Cahaya

Kopi dapat mengiritasi perut sensitif dan menyebabkan pembengkakan dengan cepat. Menambahkan gula atau pemanis buatan dapat memperburuk masalahnya.

Tubuh tidak bisa mengenalinya dan pada akhirnya sulit mencerna kopi tersebut. Apalagi jika tubuh tidak toleran terhadap laktosa, menambahkan krim atau susu ke kopi akan menyebabkan kembung dan masalah lain pada usus. 

Selain kopi, menurut NHS, makanan atau minuman lain yang dapat menyebabkan kembung yakni minuman bersoda, kacang polong, bawang, brokoli, kubis, kecambah, dan kembang kol. 

Baca juga: Tak Murah, Berikut Perkiraan Biaya Perawatan Pasien Covid-19 di Indonesia

Untuk mengatasi kembung, lebih baik menghindari makanan tersebut. Cobalah mencatat apa saja yang dimakan dan kenali efeknya pada tubuh.

Kelola stres yang dapat memperlambat pencernaan, menyebabkan kembung, sembelit, dan nyeri. Hindari makan saat stres, cemas, atau dalam kondisi sedang sedih.  

Kemudian, jangan terburu-buru saat makan dan kunyah makanan dengan baik. Jangan makan berlebihan. Kurangi ukuran porsi makan atau cobalah makan 4 hingga 5 porsi kecil daripada 3 porsi besar.

Makan secara teratur dan cobalah untuk tidak melewatkan makan. Hindari makan besar sebelum tidur, setidaknya 2 hingga 3 jam sebelum tidur. Terakhir, pastikan banyak minum air putih. 

Sumber : Bisnis.com