Makan Kuaci Memang Melelahkan, tapi Ternyata Manfaatnya Luar Biasa

Ilustrasi. - Freepik
02 Juli 2020 23:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Kuaci atau biji bunga matahari menjadi camilan yang digemari sebagian orang. Cara makannya memang melelahkan dan membosankan, sebab harus membukanya terlebih dahulu dengan mulut, mengeluarkannya dan memakan apa yang ada di dalam cangkang.

Tapi, yang tidak banyak diketahui, bahwa biji bunga matahari atau kuaci ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Dilansir dari Medical Daily, Ahli diet terdaftar Stefani Sassos, MS, RDN, CDN, baru-baru ini membahas dengan Good Housekeeping tentang manfaat mengejutkan dari mengkonsumsi biji bunga matahari.

Baca juga: Perempuan Bisa Kurangi Risiko Menopause dengan Aktivitas Seksual

Menurutnya, selain manfaatnya bagi kesehatan, biji bunga matahari atau kuaci juga merupakan alternatif yang baik jika seseorang alergi terhadap kacang dan kacang pohon lainnya.

Manfaat kesehatan pertama yang dia tunjukkan adalah bagaimana biji bunga matahari sangat kaya akan vitamin E, mereka dapat membantu meningkatkan kesehatan mata.

Baca juga: 3 Dampak Serius yang Mengintai Anda yang Sering Makan Makanan Tinggi Lemak

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin, yang berfungsi sebagai antioksidan, menangkal penyakit mata dan mencegah degenerasi makula terkait usia.

Biji bunga matahari juga baik untuk jantung, menurut ahli. "Biji bunga matahari tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan asam lemak tak jenuh ganda," katanya, seraya menambahkan bahwa asam lemak ini baik untuk jantung karena mengurangi risiko stroke atau serangan jantung.

Jika ingin membangun otot yang kuat, biji kecil ini juga dapat membantu Anda. Rupanya, biji bunga matahari mengandung sekitar 20 persem protein, sehingga mereka dapat membantu mendukung dan menumbuhkan otot yang kuat di dalam tubuh.

Dengan demikian, menambahkan biji ke dalam makanan Anda dapat membantu Anda dalam perjalanan kebugaran Anda.Selain vitamin E, biji bunga matahari juga kaya akan seng dan selenium, dua nutrisi yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Jadi, ketika Anda makan biji bunga matahari, Anda tidak hanya menikmati rasanya yang lezat, Anda juga membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Terakhir, biji bunga matahari adalah sumber protein dan serat yang baik. Keduanya sangat penting jika Anda ingin mengurangi berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat.

Kandungan serat dan protein biji dapat membuat Anda merasa cepat kenyang. Serat juga meningkatkan pencernaan yang baik dan bahkan membantu mengatur gula darah.

Oleh karena itu, Anda dijamin untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat jika Anda menambahkan biji bunga matahari ke dalam makanan Anda.

Sumber : Suara.com