Jika Anda Mengalami 4 Tanda Ini, Artinya Anda Stres karena Pekerjaan

Ilustrasi. - Freepik
02 Juli 2020 22:47 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Melakukan pekerjaan di kantor sudah menjadi tugas karyawan. Selama bekerja, tidak semua karyawan menikmatinya. Bisa jadi, ada karyawan yang mengalami stress karena pekerjaan.

Namun, hal ini kadang tidak disadari, baik oleh karyawan itu maupun oleh atasannya. Padahal, kondisi ini tidak bisa dibiarkan karena akan menyebabkan iklim buruk dalam bekerja.

Perasaan tersebut juga bisa memicu burnout syndome alias sindrom stres kelelahan saat bekerja!

Baca juga: Perempuan Bisa Kurangi Risiko Menopause dengan Aktivitas Seksual

Mengutip Forbes, Kamis (2/7/2020) setidaknya ada beberapa tanda yang harus diwaspadai sebagai tanda karyawan mengalami burnout saat WFH.

Hal ini harus diperhatikan para manajer atau pemimpin perusahaan, karena jika dibiarkan bisa merusak kinerja tim dan target pekerjaan tidak tercapai.

1. Menghindari pekerjaan

Email menumpuk, pesan di grup kantor dibiarkan begitu saja, bahkan mengabaikan panggilan telepon, ditambah terlambat menghadiri rapat dan menunda pekerjaan. Deretan gejala itu tanda karyawan burnout, selalu merasa lelah saat bekerja, dan ingin melakukan segala hal kecuali bekerja.

Baca juga: 3 Dampak Serius yang Mengintai Anda yang Sering Makan Makanan Tinggi Lemak

2. Kinerja menurun

Jika konsisten terlambat dalam rapat, kualitas pekerjaan menurun, sering melakukan kesalahan. Bisa juga ditambah kita jadi sering menyalahkan orang lain. Ini karena tahap awal kelelahan, otak terus menerus dalam keadaan stres, dan mengubahnya jadi mode bertahan hidup. Alhasil kita jadi keluar dari ambisi target dan tanggung jawab.

3. Apatis atau tidak peduli

Jika biasanya menggebu-gebu, kali ini sering merasa kurang bangga dengan prestasi yang didapatkan. Ditambah mengabaikan kebiasaan merawat diri, bahkan sering diam saat dalam rapat, juga sulit untuk bersabar terhadap orang lain. Jika semua ini dialami, bahkan tidak peduli dengan hal-hal yang biasa dilakukan, itu tanda Anda mungkin merasa sangat kelelahan parah.

4. Tidak bisa berhenti bekerja

Terus bekerja memang hal yang baik, tapi apakah sudah berlebihan bekerja melebihi jam yang seharusnya? Tetap menanggapi pesan pekerjaan saat dalam acara pribadi, ditambah hal yang pertama dan terakhir di lihat adalah tentang pekerjaan, ini tanda kelelahan saat tidak bisa berhenti bekerja.

Kalau tanda-tanda ini terlihat, selain baiknya mengelola diri. Tapi juga perlu intervensi oleh atasan untuk mengembalikan kinerja para karyawannya sehingga hasilnya lebih berkualitas.

Sumber : Suara.com