6 Manfaat Kondisioner Selain untuk Rambut

Ilustrasi - Reallyree
06 Juli 2020 20:57 WIB Desyinta Nuraini Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Produk kondisioner biasanya dipakai untuk rambut. Caranya dengan mengoleskannya ke rambut yang habis menggunakan sampo, didiamkan beberapa menit, kemudian dibilas.

Namun nyatanya kondisioner bisa digunakan untuk hal lain di luar fungsinya sebagai perawatan rambut. Melansir dari Indian Express, Senin (6/7/2020), berikut manfaat tersembunyi dari kondisioner:

Baca juga: Cermati! Ini Tanda-tanda Hubungan Akan Berakhir

1. Pelembab tubuh

Kondisioner bisa digunakan sebagai pelembab tubuh ketika mandi. Manfaatnya sangat luar biasa terlebih jika digunakan setelah luluran atau menggunakan sabun yang menghasilkan busa lebih banyak.

Untuk mendapatkan kembali kelembaban alami tubuh, Anda dapat menambahkan sedikit kondisioner ke dalam bak mandi, tepat saat Anda selesai luluran atau berendam dengan sabun. Dalam waktu singkat Anda akan mendapatkan kulit yang dilembabkan.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Ajak Anak Berjemur?

2. Pewangi pakaian

Kondisioner memiliki wangi yang bisa meningkatkan aroma rambut penggunanya. Namun, kondisioner juga bisa membuat pakaian menjadi wangi. Anda bisa membuat pelembut dan penyegar kain sendiri. Untuk ini, Anda perlu mencampur sedikit kondisioner dengan air dan memasukkannya ke dalam botol semprot. Goyangkan botol agar isi di dalamnya tercampur rata, lalu semprotkan pada pakaian dari kejauhan. Ini berfungsi saat Anda tidak ingin mencuci pakaian tetapi ingin baunya segar.

3. Sebagai krim cukur

Kondisioner juga dapat digunakan sebagai krim cukur. Tujuannya adalah untuk melembabkan kulit Anda.

4. Melunakkan kutikula saat manikur dan pedikur

Anda bisa mendapatkan kutikula yang lunak untuk manikur dan pedikur. Kutikula adalah lapisan kulit yang tepat berada di pangkal kuku. Untuk mengaplikasikannya, cukup menerapkan sedikit saja kondisioner pada kuku menggunakan kapas, kemudian pijat kutikula dengan lembut dan mereka akan menjadi lunak dalam waktu singkat.

5. Lancarkan sumbatan di kamar mandi

Jika saluran pembuangan kamar mandi Anda tersumbat karena suatu alasan, tuangkan sedikit kondisioner ke dalamnya, untuk melonggarkan sumbatan tersebut. Anda harus menindaklanjutinya dengan menuangkan sedikit air panas ke selokan untuk membersihkan apa pun yang menyumbatnya.

6. Mencuci pakaian

Diyakini bahwa Anda bahkan dapat mencuci pakaian menggunakan kondisioner, terutama jika sabun cuci sudah habis. Letakkan saja pakaian Anda di wastafel yang bersih. Rendam mereka dalam air panas dan kemudian tuangkan satu sendok teh kondisioner. Biarkan pakaian tetap seperti itu dalam campuran berbusa selama setengah jam, keluarkan, bilas dan kemudian keringkan.

Sumber : Bisnis.com