Wajah Berminyak Bikin Tak Percaya Diri, 8 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Solusi

Ilustrasi. - Freepik
13 Juli 2020 19:47 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-- Wajah merupakan bagian paling diperhatikan terutama oleh perempuan. Kulit wajah yang berminyak, bagi perempuan, terkadang bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri lantaran tampilan wajah jadi mengkilat dan makeup cepat banget luntur. Jadi penasaran, adakah bahan alami untuk perawatan kulit berminyak yang ampuh dan bisa dilakukan sendiri di rumah?

Jawabannya: Ada! Justru, perawatan rumahan yang menggunakan bahan alami ini jauh lebih aman dan murah. Dengan perawatan berikut, tampilan kulit berminyakmu bisa dikurangi tanpa menggunakan obat resep dokter ataupun perawatan kulit yang mahal. Ini dia, seperti dilansir dari Healthline.

1. Madu

Madu adalah salah satu solusi alami untuk berbagai masalah kulit, termasuk kulit berminyak. Berkat kemampuan antibakteri dan antiseptiknya, madu dapat membantu mengatasi kulit berminyak yang rawan jerawat.

Baca juga: Benarkah Olahraga Malam Bisa Bikin Sulit Tidur?

Madu juga merupakan pelembap alami, sehingga membantu menjaga kulit tetap lembab tetapi tidak berminyak.

Untuk menggunakan madu sebagai perawatan kulit berminyak, Anda cukup mengoleskannya tipis-tipis di seluruh permukaan wajah, biarkan mengering selama sekitar 10 menit, dan bilas sampai bersih dengan air hangat.

2. Masker clay

Masker clay terbuat dari tanah liat alami, yang memiliki fungsi menyerap kelebihan minyak di kulit wajah dan membantu mengobati banyak kondisi kulit.

Baca juga: Seorang Pria Alami Alergi Parah Akibat Hand Sanitizer

Salah satu perawatan yang populer untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah French green clay. Berikut cara membuatnya:

Campurkan air yang telah disaring atau air mawar dengan sekitar satu sendok teh clay sampai membentuk konsistensi kental.
Oleskan campuran clay ke wajah Anda dan biarkan sampai kering.
Bersihkan masker clay dengan air hangat dan keringkan. Masker clay yang dibersihkan dengan air hangat akan membuat kulit lebih lembut dibandingkan jika masker dikelupas.

3. Oatmeal

Oatmeal membantu menenangkan kulit yang meradang dan membantu menyerap minyak berlebih. Oatmeal juga membantu pengelupasan kulit mati. Saat digunakan sebagai masker wajah, oatmeal biasanya ditumbuk, dan dapat dikombinasikan dengan yogurt, madu, atau buah tumbuk seperti pisang, apel, atau pepaya.

Untuk menggunakan oatmeal sebagai masker di wajah Anda, lakukan langkah berikut:

Campurkan 1/2 cangkir gandum dengan air panas hingga membentuk pasta.
Tambahkan 1 sendok makan madu, aduk.
Pijatkan campuran oatmeal ke wajah selama sekitar tiga menit.
Bilas dengan air hangat, dan keringkan.

4. Putih telur dan lemon

Putih telur dan lemon adalah ramuan alami untuk kulit berminyak. Kedua bahan tersebut dianggap mengencangkan pori-pori. Asam dalam lemon dan buah jeruk lainnya dapat membantu menyerap minyak. Menurut sebuah penelitian tahun 2008, lemon juga memiliki kemampuan antibakteri. Namun, ramuan ini bukan pilihan yang baik untuk penderita alergi telur.

Untuk membuat masker wajah putih telur dan lemon, lakukan cara berikut:

Campurkan 1 putih telur dengan 1 sendok teh jus lemon segar.
Oleskan ke wajah, dan biarkan sampai mengering.
Bersihkan dengan air hangat, dan keringkan.

5. Almond

Kacang almond tidak hanya membantu mengelupas kulit Anda, tetapi mereka juga membantu mengurangi kelebihan minyak dan kotoran. Untuk menggunakan scrub wajah almond, lakukan cara berikut:

Giling almond mentah hingga dan ambil sekitar 3 sendok teh.
Tambahkan 2 sendok makan madu, aduk rata.
Oleskan ke wajah dengan lembut, dalam gerakan memutar.
Bilas dengan air hangat, dan keringkan.

6. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal sebagai bahan alami untuk menyembuhkan luka bakar dan kondisi kulit lainnya. Menurut Mayo Clinic, ada bukti ilmiah yang baik bahwa lidah buaya juga dapat membantu merawat kulit yang bersisik yang disebabkan oleh bercak berminyak. Banyak orang menggunakan lidah buaya untuk merawat kulit berminyak.

Anda bisa mengoleskan lapisan tipis pada wajah Anda sebelum tidur dan biarkan sampai pagi. Lidah buaya diketahui menyebabkan reaksi alergi pada kulit sensitif. Jika Anda belum pernah menggunakan lidah buaya sebelumnya, uji sedikit pada lengan Anda. Jika tidak ada reaksi yang muncul dalam 24 hingga 48 jam, seharusnya aman digunakan.

7. Tomat

Tomat mengandung asam salisilat, obat jerawat rumahan yang paling umum. Asam dalam tomat dapat membantu menyerap minyak kulit yang berlebih dan membuka pori-pori. Untuk membuat masker tomat, inilah cara yang bisa Anda lakukan:

Campurkan 1 sendok teh gula dengan bubur dari 1 buah tomat.
Oleskan ke kulit dalam gerakan melingkar.
Diamkan masker selama 5 menit.
Bilas bersih dengan air hangat, dan keringkan.

8. Minyak jojoba

Meskipun mengaplikasikan minyak pada kulit berminyak tampaknya kontraproduktif, minyak jojoba adalah obat tradisional untuk mengobati kulit berminyak, jerawat, dan masalah kulit lainnya.

Diperkirakan bahwa jojoba meniru sebum pada kulit untuk 'mengelabui' kelenjar sebaceous agar menghasilkan lebih sedikit sebum dan membantu menjaga kadar minyak seimbang. Tidak ada penelitian ilmiah untuk mendukung teori ini.

Namun, sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa menggunakan masker yang terbuat dari clay dan minyak jojoba dua hingga tiga kali seminggu dapat membantu menyembuhkan lesi kulit dan jerawat ringan.

Sumber : Suara.com