Advertisement

Punya Pasangan Over Protektif? Ini 6 Cara Menghadapinya

Krizia Putri Kinanti
Rabu, 15 Juli 2020 - 23:57 WIB
Nina Atmasari
Punya Pasangan Over Protektif? Ini 6 Cara Menghadapinya Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Dalam sebuah hubungan cinta, seseorangyang memiliki pasangan yang terlalu protektif sering mendapati dirinya tidak bahagia dan hilang perasaan dalam hubungan tersebut.

Lebih sering daripada tidak, pasangan yang posesif, mengendalikan, dan mendominasi tidak menyadari trauma yang mereka timbulkan pada minat cinta mereka, sering kali memaksa mereka untuk menyerah pada hubungan.

Advertisement

Jika pasangan Anda terlalu protektif, Anda harus memperbaiki masalah sebelum merusak hubungan Anda dalam jangka panjang. Tetapi berurusan dengan pasangan yang terlalu protektif tidak perlu membuat stres.

Baca juga: Sindrom Patah Hati Meningkat Selama Pandemi

Dikutip dari Marriage, Selasa (14/7/2020), Berikut adalah enam hal yang dapat Anda lakukan untuk mengelola perilaku overprotektif pasangan Anda

1. Lakukan percakapan terbuka

Menyimpan masalah atau berdebat tentang hal itu hanya akan memperburuk situasi. Bicaralah dengan pasangan Anda dan cobalah untuk memahami dari mana datangnya emosi negatif rasa tidak aman dan kecemburuan.

Apakah mereka memiliki masa kecil yang bermasalah? Apakah mereka pernah menghadapi penolakan di masa lalu? Apakah mereka memiliki pengalaman hubungan yang pahit dengan mantan pacar yang memiliki masalah kesetiaan? Ini adalah beberapa faktor yang sering memaksa orang untuk menunjukkan perilaku yang terlalu protektif, menyabotase hubungan yang sehat.

Baca juga: Ini Lima Aturan Penting Merawat Rambut

Jika pasangan Anda cenderung mengatur Anda, sering curiga terhadap Anda, atau terlalu melekat di depan umum, dalam semua kemungkinan mereka takut ditolak dan ditinggalkan dalam hubungan.

Mendorong pasangan untuk membuka dan mendengarkan kekhawatiran tanpa menghakimi akan membantu Anda memahami pasangan Anda lebih baik, memungkinkan Anda untuk memperbaiki rasa tidak aman dan masalah kepercayaan yang mendalam. Misalnya, jika pasangan Anda berpikir Anda selingkuh hanya karena mantan pasangannya mengabaikan mereka untuk orang lain, ingatkan mereka bahwa Anda adalah individu yang sama sekali berbeda dan tidak pantas diperlakukan seperti mantan mereka.

Cari tahu apa yang mengatasinya dan atasi masalah yang sesuai. Apakah mereka menunjukkan tanda-tanda rasa tidak aman ketika Anda berinteraksi dengan orang atau orang tertentu?

Apakah cara Anda bertemu orang lain membuat mereka merasa cemburu? Misalnya, mereka mungkin tidak memiliki masalah dengan Anda bertemu orang lain. Pasangan Anda jelas tidak nyaman ketika Anda menyentuh atau memeluk mereka saat berbicara. Jika itu masalahnya, Anda dapat memperbaiki perilaku Anda dengan mewaspadai bahasa tubuh Anda saat bersama orang lain.

2. Tetapkan aturan hubungan untuk mengendalikan perilaku yang terlalu cemburu

Meskipun hubungan yang langgeng penuh dengan kompromi, jujur <

Setelah pasangan Anda menyatakan keprihatinan ini, inilah saatnya bagi Anda untuk secara jelas menyatakan hal-hal spesifik yang mengganggu Anda tentang perilaku mereka yang mengendalikan.

Bersikaplah asertif dan berkomunikasi, ketika berhadapan dengan pasangan yang terlalu protektif, bahwa walaupun Anda akan berusaha mengatasi rasa tidak aman mereka, Anda sama sekali tidak akan berkompromi pada aspek-aspek tertentu dari hidup Anda. Misalnya, Anda tidak dapat memutuskan hubungan dengan teman-teman terbaik Anda hanya karena Anda menjalin hubungan dengan mereka.

Di sisi lain, Anda harus melakukan semua dalam kapasitas Anda untuk menanamkan kepercayaan dalam hubungan. Misalnya, masuk akal jika pasangan Anda bersikap terlalu protektif jika Anda pergi makan malam berdua dengan teman lawan jenis, tanpa memberitahu dia.

Mungkin Anda terbiasa bertemu teman-teman Anda secara teratur, namun karena Anda berada dalam suatu hubungan, Anda pantas untuk tetap berada dalam lingkaran.

Buat catatan mental tentang hal-hal yang Anda inginkan dan tidak mau kompromi dan tetapkan aturan hubungan untuk mengendalikan perilaku protektif yang berlebihan. Setelah Anda mengkomunikasikan batasan-batasan ini, terserah mereka untuk mengubah perilaku konyol mereka.

3. Jangan ragu untuk mengekspresikan cinta Anda

Dalam banyak kasus, ketidakamanan terjadi karena ketidakmampuan salah satu pasangan untuk mengungkapkan cinta mereka kepada yang lain. Gaya hidup modern sering membuat kita tidak punya banyak waktu untuk mengatakan tiga kata ajaib yang setiap pasangan ingin dengar berulang kali.

Dalam banyak kasus, ketidakamanan terjadi karena ketidakmampuan salah satu pasangan untuk mengungkapkan cinta mereka kepada yang lain.

4. Kenalkan mereka ke lingkaran teman Anda

Jika pasangan Anda yang terlalu protektif khawatir bahwa Anda dapat meninggalkan mereka untuk salah satu teman Anda, perkenalkan pasangan Anda ke geng Anda! Ketika mereka melihat cara teman-teman Anda berinteraksi satu sama lain, pasangan Anda akan merasa nyaman dengan mereka, tanpa menyisakan ruang untuk keraguan.

Melibatkan mereka ketika Anda bertemu lingkaran teman Anda akan menunjukkan bahwa Anda tidak perlu menyembunyikan apa pun, membuat mereka tidak punya alasan untuk paranoid tentang hubungan tersebut.

5. Gunakan psikologi terbalik

Memberi pasangan overprotektif Anda rasa obat mereka sendiri dapat bekerja luar biasa, membantu mereka untuk melonggarkan cengkraman overprotektif mereka pada hubungan.

Terlihat cemburu saat mereka berinteraksi dengan teman-teman mereka. Ketika mereka membela diri, jelaskan kepada mereka bagaimana perasaan Anda ketika mereka bertindak cemburu dan tidak aman, memungkinkan mereka untuk memperbaiki perilaku konyol mereka.

Selain itu, bahkan jika Anda berpura-pura perilaku overprotektif, Anda meyakinkan pasangan Anda bahwa Anda menemukan mereka menarik dan tidak ingin kehilangan mereka.

Ketika mereka membela diri, jelaskan kepada mereka bagaimana perasaan Anda ketika mereka bertindak cemburu dan tidak aman

6. Jika perlu, putuskan hubungan itu

Anda tidak pantas untuk terus-menerus diberi tahu apa yang harus dilakukan atau bahkan diperlakukan dengan buruk dalam suatu hubungan. Jika setelah melakukan segalanya dalam kapasitas Anda untuk menyelamatkan hubungan, pasangan Anda menolak untuk mengubah sikap mereka atau menjadi kasar atau kasar, Anda harus membiarkannya. Pahami bahwa tidak semua hubungan dimaksudkan!

Wajar jika sesekali merasa cemburu dalam hubungan romantis. Namun, bersikap terlalu protektif dapat melemahkan hubungan dengan membiarkan perasaan negatif rasa tidak aman dan kurangnya kepercayaan meresap.

Jika pasangan Anda secara obsesif melindungi Anda dan mencoba mengendalikan Anda seperti boneka, tips yang disebutkan di atas akan membantu Anda berurusan dengan perilakunya yang tidak praktis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bantah Ada Kisruh Internal Soal Penetapan Caleg Terpilih, PDI Perjuangan Sleman: Kami Solid

Sleman
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement