Ukuran Payudara Kiri dan Kanan Ibu Menyusui Cenderung Berbeda? Ini Penjelasannya

Ilustrasi. - Freepik
17 Juli 2020 17:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Aktivitas menyusui akan mempengaruhi bentuk payudara. Ibu menyusui cenderung memiliki ukuran payudara yang berbeda antara bagian kiri dan kanannya.

Nyatanya, hal tersebut menjadi curhatan dari ribuan ibu di seluruh dunia. Masalah mereka sama, payudara berubah bentuk karena proses menyusui. Lalu, apa yang menyebabkan kondisi tersebut?

Seorang ahli menyusui dari laman Mammamia.com, Pinky McKay berbicara mengapa payudara perempuan menyusui bisa menjadi tidak rata dan apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Baca juga: 7 Alasan Pria Menjaga Jarak dengan Pasangannya

Aturan dasarnya adalah, semakin banyak susu yang diminum bayi maka semakin banyak kompensasi yang didapat payudara. Itu artinya, bagian sisi payudara yang disukai anak akan menjadi lebih besar dari sisi payudara satunya.

Bisa juga bayi secara alami lebih menyukai satu sisi payudara dari payudara yang lain. Bayi mungkin memiliki berbagai alasan.

Misal, kata Pinky, aliran susu lebih cepat pada satu payudara. Karena kadang-kadang satu payudara mampu mengeluarkan susu lebih cepat daripada payudara yang lain.

"Satu payudara mungkin memiliki lebih banyak saluran susu dan alveoli yang berfungsi sehingga menghasilkan volume susu yang lebih besar atau jika Anda telah menjalani operasi payudara di satu sisi, ini juga dapat mempengaruhi pasokan payudara," katanya.

Baca juga: Kenali Penyebab Gangguan Menstruasi

Bentuk puting juga bisa menyebabkan bayi memilih satu bagian payudara.

Pun dengan rasa sakit pada bayi. Sebagai orangtua, penting bagi Anda mengetahui apakah anak memiliki luka lahir atau sakit setelah imunisasi karena hal tersebut dapat menentukan sisi mana yang lebih nyaman bagi bayi untut disusui.

Bagaimana cara menyeimbangkan bentuk payudara yang tak teratur?

Bila memiliki payudara tak rata tidak mengganggu Anda, maka tidak perlu repot-repot melakukan upaya pencegahan atau perbaikan.

Namun jika Anda merasa tidak nyaman, ada beberapa langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

Pinky menyarankan agar Anda mencoba berbagai posisi menyusui yang berbeda.

Selanjutnya, coba pompa kedua payudara selama lima sampai sepuluh menit menggunakan alat pompa untuk membantu merangsang produksi ASI lebih banyak.

Memilih untuk menyusui ketika bayi sedang mengantuk juga dapat menjadi keuntungan karena mereka cenderung tidak rewel dan pilih-pilih payudara.

Sumber : Suara.com