5 Jenis Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Saat Kram Perut karena Menstruasi

Ilustrasi. - Freepik
27 Juli 2020 03:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menstruasi kadang datang dibarengi dengan kram perut. Kram perut memang sering kali menyiksa. Sayangnya, beberapa makanan justru bisa memperburuk kram perut bulanan Anda.

"Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang menderita gejala PMS, termasuk kram cenderung memiliki tanda peradangan," kata ahli gizi berlisensi Monica Reinagel kepada Insider.

Baca juga: Berapa Lama Waktu Tidur Orang-Orang Kaya & Sukses Seperti Jeff Bezos & Elon Musk?

Untuk menghindari peradangan, ada beberapa makanan yang harusnya dijauhkan dari jangkuan Anda saat datang bulan, antara lain:

Makanan Tinggi Gula

Melansir dari Livestrong, konsumsi makanan yang dipenuhi gula saat menstruasi dapat mengganggu kadar gula darah alami tubuh.

Hal ini yang akan menyebabkan perubahan suasana hati secara signifikan dan ketegangan di tubuh sehingga meningkatkan nyeri kram.

Baca juga: Deretan Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi

Membatasi atau menghindari sepenuhnya makanan tinggi gula selama menstruasi akan membantu menstabilkan suasana hati dan mungkin mengurangi rasa sakit kram.

Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng sebenarnya dapat menyebabkan peradangan yang mungkin terkait dengan peningkatan rasa sakit selama menstruasi.

Hal ini disebutkan oleh sebuah studi dari Departemen Nutrisi, Universitas North Carolina di Greensboro.

Makanan Berlemak Tinggi

Makanan dengan kandungan lemak jenuh sudah terbukti buruk bagi kesehatan, termasuk pada saat menstruasi.

Makanan tinggi lemak menyebabkan peradangan di tubuh dan membuat kram menstruasi terasa lebih menyakitkan.

Minuman Bersoda

Minuman bersoda memang bisa membuat kembung. Jika Anda minum minuman jenis ini, kembung yang dihasilkan oleh minuman bersoda tentu semakin memperburuk kram menstruasi.

Kopi

Minum kopi saat menstruasi dapat membuat kram Anda bertambah parah. Minum minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi akan meningkatkan kadar estrogen yang dapat membuat gejala PMS menjadi lebih menyakitkan.

Sumber : Suara.com