Merawat Kulit Ketiak, Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari

Ilustrasi. - Freepik
27 Juli 2020 20:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Ketiak merupakan bagian tubuh yang tersembunyi. Meski demikian, bukan berarti perawatan kulit ketiak tidak penting. Sayangnya, selama ini ada beberapa kebiasaan yang bisa jadi justru tak baik untuk ketiak.

Merangkum Boldsky, berikut beberapa kebiasaan buruk yang sebaiknya ditinggalkan dalam merawat kulit ketiak.

1. Tidak melakukan eksfoliasi

Ketiak termasuk are tubuh yang paling rentan keringat sehingga ada banyak sel kulit mati dan kotoran yang perlu dibersihkan.

Membersihkan ketiak dengan hanya menggunakan sabun saat tidak cukup.

Baca juga: Kecoa di Rumah Bikin Geregetan! Ini Berbagai Cara Membasminya

Kita juga perlu melakukan eksfoliasi. Dua kali sepekan, gunakan lulur lembut di area ketiak.

2. Mengabaikan pelembap

Sering mencabut dan mencukur bulu serta eksfoliasi membuat ketiap kering dan kusam. Penting untuk tetap menjaga kelembapan ketiak. Oleskan body lotion sebagai pelembap setiap hari setelah mandi.

3. Sering mencukur bulu ketiak

Mencukur bulu pada dasarnya tidak baik untuk kulit ketiak yang sensitif. Jika benar-benar benci dengan rambut yang tumbuh di area itu, waxing lebih disarankan.

Baca juga: Hasil Studi Membuktikan Cokelat Baik Untuk Kesehatan Jantung

4. Penggunaan deodoran dengan kandungan alkohol

Selain membersihkannya secara rutin, periksa produk apa saja yang diaplikasikan pada ketiak. Deodoran dengan kandungan alkohol tinggi bisa menggelapkan kulit ketiak, membuatnya sangat kering dan seringkali dapat menyebabkan iritasi.

Jadi, jauhi deodoran tinggi alkohol, lebih baik beralih ke produk bebas alkohol. Selain itu saat menyemprotkan deodoran, pastikan untuk menjaga jarak 15 cm.

5. Meremehkan rutinitas perawatan kulit ketiak

Ketiak yang bersih dan indah tidak didapatkan secara instan. Artinya, bagian ini juga butuh rutinitas perawatan yang tepat.

Tidak ribet, kok. Kamu hanya perlu membersihkannya secara rutin, mengaplikasikan pelembap, dan eksfoliasi dua kali sepekan.

Sumber : Suara.com