Anak Susah Memakai Masker? Begini 5 Cara Membujuknya

Warga menggunakan masker berolahraga di taman Jam Gadang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Kamis (25/6/2020). ANTARA FOTO - Iggoy el Fitri
31 Juli 2020 22:47 WIB Krizia Putri Kinanti Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -- Anggap itu Tantangan 2020: Kemungkinan lebih mudah untuk memakai lipstik pada musang daripada membuat beberapa anak memakai masker. Anak kecil terus-menerus menarik dan menarik masker mereka. Anak-anak tidak berhenti disitu saja.

Mereka membiarkan bagian atasnya jatuh di bawah hidung mereka dan kadang-kadang bahkan menarik benda-benda di bawah mulut mereka. Padahal, masker adalah suatu keharusan, terlepas dari semua protes dari anak-anak di negara-negara di mana penutup wajah adalah hal baru bagi mereka.

Baca juga: Baking Soda Disebut Bisa Hilangkan Jerawat, Ini Tinjauan Medisnya

 Tiga tindakan sederhana dapat menghentikan wabah Covid-19. Di Amerika Serikat, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS merekomendasikan agar semua anak di atas usia 2 memakai masker atau face shield untuk membantu mengurangi penyebaran Covid-19.

Itu berarti bahwa sekarang semua anak harus melakukannya dan menyadarkan mereka akan kenyataan baru ini. Saat ini masih banyak anak-anak memakai masker saat meninggalkan rumah, namun itu hanya dianggap sebagai bagian dari rutinitas.

Bagaimana agar anak-anak disiplin memakai masker? Dikutip dari CNN Health, Kamis (30/7/2020) dokter, psikolog, dan orang tua memberikan strategi terbaik mereka agar anak-anak kecil memakai masker dan tetap menggunakannya:

1. Setiap Anak Berbeda

Setiap anak berbeda, yang berarti orangtua perlu meluangkan waktu untuk memikirkan bagaimana masing-masing anak mereka berhubungan dengan penutup wajah. "Ini bukan hal yang cocok untuk semua jenis," kata Jennifer Sciolla, direktur senior layanan anak dan keluarga di Nemours Alfred I. duPont Hospital for Children di Wilmington, Delaware. "Kamu selalu ingin membuat waktu dan ruang itu pada awalnya agar orang tua mempertimbangkan anak mereka."

Baca juga: Menyesal setelah Potong Rambut? Ini Sejumlah Tips Agar Rambut Cepat Panjang

2. Jelaskan ada apa

Orang tua dan wali tidak bisa hanya berharap anak kecil mengerti mengapa mereka harus memakai masker - ibu dan ayah harus menjelaskannya dengan kata-kata dan konsep yang bisa dipahami anak-anak.

Bagi yang lain, terutama anak-anak yang lebih tua, itu mungkin berarti perincian kesehatan masyarakat yang lebih rinci dan canggih dan tanggung jawab pribadi kita untuk kebaikan yang lebih besar.

3. Libatkan anak-anak Anda

Cara lain untuk membuat anak-anak senang dengan penutup wajah adalah menjadikan mereka bagian dari proses. Ini bisa sesederhana membiarkan anak-anak memilih masker mereka sendiri atau serumit mengundang anak-anak untuk duduk di mesin jahit.

4. Berlatih, berlatih, berlatih

Setelah orang tua menjual anak-anak tentang gagasan mengenakan penutup wajah, penting bagi orang tua untuk membuat mereka memeluknya. Paling tidak, ini berarti membuat anak-anak mengenakan masker - dan membuat mereka memakai topeng dengan cara yang benar.

Orang tua dapat mencoba membuat anak-anak memakai masker mereka di rumah untuk penambahan singkat agar merasa lebih nyaman.

Cousino menambahkan bahwa kegiatan lain yang menyenangkan adalah membuat anak-anak mengenakan masker dan melihat diri mereka sendiri di cermin untuk membiasakan diri dengan permutasi yang berbeda dari "smizing," atau tersenyum dengan mata Anda. (Dia menyebut ini "permainan medis.")

5. Berkomunikasi berulang kali

Terutama dengan anak-anak yang lebih muda, pengulangan adalah kunci untuk memastikan kepatuhan dengan aturan baru. Ini berarti bahwa sebanyak yang Anda tidak ingin cerewet, Anda mungkin harus terdengar seperti rekaman rusak agar anak-anak Anda mengambil penutup wajah dengan serius dan memahami gawatnya situasi di tengah-tengah pandemi global.

Sumber : Bisnis.com