Selain untuk Minuman, Kopi Juga Bisa Bermanfaat untuk Rambut, Begini Cara Menggunakannya

Ilustrasi. - Freepik
23 Agustus 2020 00:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kopi dikenal sebagai jenis minuman yang digemari banyak orang. Selain menjadi tren, banyak orang yang punya kebiasaan memulai hari dengan meminum kopi.

Namun, selain nikmat untuk diminum, kopi ternyata dapat membantu pertumbuhan rambut. Kafein yang ada di dalam kopi dapat menstimulasi folikel rambut agar tumbuh lebih cepat.

Baca juga: Tips Jantung Penyandang Diabetes & Hipertensi Sehat Selama Pandemi

Tidak hanya itu, kafein juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Jika digunakan secara rajin, kopi dapat membuat rambutmu lebih kuat, halus, dan cepat panjang.

Melansir laman Boldsky, ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk merawat rambut dengan kopi. Apa saja?

1. Membilas rambut dengan kopi

Kopi dapat digunakan untuk membilas rambut sekaligus memijat kepala saat keramas. Kamu cukup menyeduh dua sendok kopi dengan air panas.

Baca juga: 4 Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Tidur Siang

Setelah itu, tunggu sampai kopi dingin sementara Anda mencuci rambut setelah biasa. Jangan lupa memeras sisa air dari rambut setelah keramas.

Kemudian, tuangkan larutan kopi pada rambut dan kulit kepala. Pijat selama 3-5 menit, lalu tutupi rambut dengan shower cap.

Setelah menunggu 20-30 menit, bilas lagi rambutmu dengan air suam-suam kuku. Ulangi sebanyak 2-3 kali seminggu.

2. Kopi, minyak kelapa, dan yogurt

Minyak kelapa mengandung protein yang dapat membantu mengatasi kerusakan rambut dan memperkuat akar rambut. Sementara, yogurt dapat membantu rambut untuk menyerap lebih banyak nutrisi.

Campurkan 2 sendok kopi dengan 2 sendok makan minyak kelapa. Setelah itu, tambahkan 3 sendok makan yogurt dan aduk hingga rata.

Oleskan masker ini di rambut dan kulit kepala, kemudian diamkan sekitar satu jam. Setelah itu, keramaslah seperti biasa.

Masker ini dapat digunakan 2-3 kali seminggu untuk mendapat hasil yang diinginkan.

3. Scrub dari kopi

Kulit kepala juga membutuhkan scrub layaknya anggota tubuh yang lain. Untuk membuat scrub dari kopi, campurkan 8 sendok makan kopi dengan segelas air.

Setelah diseduh, tunggu sampai bubuk kopi kembali mengendap. Kemudian, gunakan endapan kopi ini untuk menggosok kulit kepala selama 3-5 menit.

Bilas hingga bersih, kemudian keringkan rambut secara alami. Ulangi prosedur ini sebanyak 1-2 kali seminggu.

4. Kopi, minyak kelapa, dan minyak almond

Resep berikut cocok bagi Anda yang memiliki kulit kepala kering. Selain kopi dan minyak kelapa, minyak almond dapat membantu melembapkan.

Campurkan 2 sendok makan kopi, 1 sendok makan minyak kelapa, dan 1 sendok teh minyak almond. Gunakan campuran ini untuk memijat kulit kepala.

Setelah 15 menit, cuci rambut Anda seperti biasa. Kemudian, bilas rambut dengan kopi seperti pada tips pertama.

Ulangi 1-2 kali seminggu untuk mendapat hasil maksimal.

5. Kopi, minyak kelapa, dan vitamin E

Vitamin E juga dapat membantu melembapkan kulit kepala. Untuk membuat masker rambut satu ini, kamu bisa memakai vitamin E bentuk kapsul.

Campurkan 2 sendok makan kopi dengan 2 sendok makan minyak kelapa. Kemudian, tuangkan isi kapsul vitamin E ke dalam adonan.

Diamkan selama satu malam, kemudian gunakan di pagi hari. Setelah 20-30 menit, bilas rambut seperti biasa.

Resep masker rambut terakhir ini dapat diulang 1-2 kali seminggu.

Sumber : Suara.com