Advertisement

5 Jenis Tanaman Obat yang Berkhasiat Sekaligus Mudah Perawatannya

Newswire
Selasa, 01 September 2020 - 08:27 WIB
Nina Atmasari
5 Jenis Tanaman Obat yang Berkhasiat Sekaligus Mudah Perawatannya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Selain menggunakan cara medis, sebagian masyarakat ada yang memilih menggunakan herbal untuk pengobatan. Alasannya, tanaman obat juga dinilai lebih murah, juga aman untuk tubuh.

Dari sekian banyak jenis tanaman obat beberapa di antaranya bisa di tanam di pekarangan rumah. Nah, apakah Anda salah satu yang suka berkebun? Jika ya, maka Anda bisa memanfaatkan lahan hijau di pekarangan rumah untuk menanam berbagai macam tanaman obat.

Advertisement

Baca juga: Awas! Bau di Bagian Tubuh Bisa Jadi Tanda-tanda Penyakit

Selain berkhasiat, banyak tanaman obat yang memiliki perawatan mudah dan bisa dilakukan oleh Anda yang belum pernah atau pemula di dunia perkebunan herbal.

Berikut ini lima rekomendasi jenis tanaman obat yang berkhasiat dan mudah di tanam di pekarangan rumah.

1. Jahe

Jahe tak hanya bermanfaat untuk penyedap aroma dan rasa dalam masakan namun juga memiliki segudang khasiat bagi kesehatan.

Kandungan gingerol dalam jahe mampu meredakan berbagai permasalahan dalam perut, seperti mual muntah, sakit perut, vertigo, nyeri haid hingga nyeri sendi.

Baca juga: Kanker Usus Besar Kini Mulai Banyak Menyerang Orang Muda, Begini Penjelasan Pakar

Tak hanya itu, jahe juga diketahui bisa mencegah pertumbuhan sel kanker usus berar bahkan menurunkan berat badan.

Dibutuhkan waktu 4 bulan agar jahe siap dipanen untuk diolah sebagai penyedap aroma dan cita rasa masakan. Atau, Anda bisa memanen jahe di usia 10-12bulan untuk pengobatan herbal.

Meskipun memiliki banyak khasiat, jahe tidak boleh sembarang dikonsumsi. Jika mengkonsumso jahe berlebihan maka akan membuat perut kembung bahkan diare.

2. Kumis kucing

Siapa yang tak mengenal jenis tanaman obat-obatan herbal yang satu ini. Kumis kucing kerap dianggap sebagai ilalang oleh sebagian orang, padahal punya banyak sekali manfaat untuk pengobatan khususnya batu ginjal.

Hal ini karena kumis kucing memiliki kemampuan untuk merangsang batu ginjal mengeluarkan bakteri penyebab batu ginjal yang ada di kandung kemih.

3. Lengkuas

Lengkuas biasanya dikenal sebagai salah satu bumbu dapur. Padahal lengkuas memiliki banyak manfaat, salah satunya ialah meredakan radang lambung atau maag.

Tak hanya itu, lengkuas juga kerap digunakan sebagai obat bronkitis dan batuk. Kandungn analgesik dan antipiretik yamg ada pada lengkuas juga ampuh meredakan demam.

4. Daun Sirih

Daun sirih memang dikenal memiliki banyak khasiat. Bahkan keberadaannya pun diolah menjadi beragam bentuk yang berguna untuk pengobatan. Menanam daun sirih di pekarangan rumah akan sangat menguntungkan untuk Anda.

Berkumur dengan daun sirih ampuh untuk membunuh bakteri di muluh sekaligus mencegah gusi berdarah dan gigi berlubang.

Selain itu, daun sirih juga berguna untuk mengobati luka bakar hingga menghentikan pendarahan di hidung atau mimisan.

5. Lidah buaya

Lidah buaya tak hanya bisa dikonsumsi namun juga kaya dengan nutrisi yang bermanfaat untuk kecantikan tubuh. Misalnya, jika mengalami kerontokan rambut, Anda bisa mengoleskan lidah buaya sebagai masker rambut dan mengurangi kerontokan.

Apabila Anda memiliki masalah kulit kering, berjerawat, hingga bekas jerawat, lidah buaya juga terbukti ampuh untuk menghilangkan keluhan wajah tersebut.

Itulah lima jenis tanaman obat yang cocok ditanam di pekarangan rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement