Advertisement

Ngeri, Saluran Pernapasan Manusia yang Terinfeksi Covid-19 Dipenuhi Bola-Bola Corona

Newswire
Kamis, 03 September 2020 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ngeri, Saluran Pernapasan Manusia yang Terinfeksi Covid-19 Dipenuhi Bola-Bola Corona Penampakan Saluran Napas Manusia yang Dipenuhi Virus Corona./.The New England Journal of Medicine - Live Science via Suara.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Covid-19 telah banyak menginveksi lebih dari 26 juta warga dunia. Dalam kondisi seeprti ini, masih ada juga orang yang mengabaikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan penyakit ini.

Nah, buat Anda yang masih abai, Anda mungkin akan berubah pikiran jika melihat gambar berikut, yang menampakkan saluran napas manusia yang dipenuhi virus SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 itu.

Advertisement

Baru-baru ini peneliti membagikan bagaimana tampilan close up virus corona saat menyerang saluran napas manusia. Gambar ini menunjukkan bagaimana partikel virus berkembang biak selama menginfeksi sel, bahkan bisa mencapai ribuan partikel virus yang menginfeksi satu sel.

Baca Juga: Hati-hati! Kebiasaan Ini Bikin Mudah Terserang Flu

Gambar ini diabadikan Camille Ehre, asisten profesor Institut Marsico Lung Fakultas Kedokteran Universitas Carolina Utara dengan mikroskop elektron pemindai, perangkat yang memanfaatkan elektron untuk menghasilkan gambar.

Gambar ini diterbitkan Rabu, 2 Septermber 2020, di The New England Journal of Medicine, setelah sebelumnya peneliti memeriksa virus dengan cara meletakkan SARS-CoV-2 di piring laboratorium dan memeriksanya selama empat hari.

Dalam gambar tersebut, komponen yang terlihat memanjang seperti mi adalah silla, yaitu struktur menyerupai rambut yang ada di permukaan sel saluran napas. Ujung silla sendiri serupa seperti lendir selayaknya jaring yang secara alami ada di saluran napas.

Nah, partikel SARS CoV 2 ini terlihat seperti bola kecil yang menempel dan menutupi silla. Jumlahnya hingga ribuan, demikian seperti diwartakan Live Science, Kamis (3/9/2020).

Baca Juga: Mudah, Begini Cara Merawat Kulit Tanpa Harus ke Klinik Kecantikan

Gambar ini juga bisa menunjukkan seberapa padat dan banyak partikel virus yang menginfeksi sel.

"Sejumlah besar virus yang berkembang biak dan dilepaskan ke masing-masing sel [saluran napas]," tutup Ehre.

Bagaimana, masih berani tak pakai masker di tempat umum?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

KAI Wisata Layani 45.813 Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Amerika Serikat Bungkam Soal Rencana Balasan Israel ke Iran

News
| Selasa, 16 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement