Rutin Donor Darah Bisa Turunkan Berat Badan. Mitos atau Fakta?

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
03 September 2020 16:07 WIB Bernadheta Dian Saraswati Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Donor darah dipercaya membawa manfaat baik untuk kesehatan. Kendati usai darah kita diambil, kita akan merasakan lemas. 

Namun hal itu hanya sementara. Jika asupan sehat sudah kembali kita konsumsi, maka tubuh kita akan kembali segar. 

Nah, ada pernyataan bahwa rutin donor darah bisa membantu menurunkan berat badan. Apakah hal itu fakta? Atau hanya mitos belaka?

Palang Merah Indonesia (PMI) DIY melalui akun Instagramnya @pmi_diy menjelaskan bahwa pernyataan itu bukan isapan jempol belaka. Seseorang yang rutin melakukan donor darah memang bisa berdampak pada turunnya bobot tubuh. 

Pernyataan itu juga bersumber dari Instagram @utdpusatpmi dan Facebook Unit Transfusi Darah PMI. 

"Apakah donor darah bisa menurunkan berat badan? Memang benar, karena salah satu manfaat donor darah bisa membakar kalori. Setiap kita donor darah sekitar 650 kalori di dalam tubuh akan terbakar," dikutip Harianjogja.com dari Instagram PMI DIY, Kamis (3/9/2020). 

PMI DIY menjelaskan bahwa penelitian yang dilakukan oleh University of California juga menyatakan bahwa seseorang yang rutin menyumbangkan darah akan kehilangan bobot tubuh sesuai yang diinginkan. 

Baca Juga: Tips Mengiris Bawang Merah Tanpa Nangis

Namun PMI DIY berpesan agar jangan menjadikan donor darah sebagai program diet. "Terapkan pola hidup sehat dan olahraga secara teratur, itu lebih baik," tutup PMI DIY. 

Namun salah satu pengguna Instagra, bernama @sahitefirdaus menyangkal kebenaran tersebut. Menurutnya ia yang selalu rutin donor darah juga tidak mengalami penurunan berat badan. 

"Kayaknya ndak juga soale saya tetep aja berat badannya meski rutin donor darah ???," tulisnya. 

Terlepas dari benar dan tidaknya hal tersebut, bagi kita yang sudah memenuhi syarat untuk bernodor, mari kita rutin mendonorkan darah sebagai aksi kemanusiaan. Bukan berambisi agar berat badan turun. 

Sumber : Instagram