Ini Tips Memilih Produk Perawatan untuk Bayi yang Sensitif

Foto Ilustrasi. - Ist/Freepik
04 September 2020 05:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Bayi memerlukan sejumlah produk perawatan tubuh. Namun, produk bayi yang mengandung bahan kimia berbahaya bisa berakibat negatif bagi kesehatan tubuh si Kecil. Karena itu, cermat dalam pemilihan produk perawatan bayi yang aman merupakan langkah pencegahan yang paling tepat.

Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih produk perawatan bayi, karena meskipun struktur kulit bayi sama dengan struktur kulit orang dewasa, tapi tingkat kedewasaan kulitnya berbeda dan lebih sensitif.

Baca juga: Acara Kumpul Keluarga Jadi Momen Rawan Penularan Covid-19

Nah, berikut beberapa tips dalam memilih produk perawatan bayi yang aman, seperti yang dikutip dari siaran pers Zwitsal.

1. Pilih produk sabun bayi yang mengandung bahan-bahan alami

Sabun cair umumnya lebih praktis daripada sabun batangan. Pilihlah sabun cair bayi yang memiliki pH netral dan sudah teruji secara dermatologis sehingga berisiko lebih kecil untuk menyebabkan alergi.

2. Pilih produk sampo bayi yang tidak pedih di mata

Aktivitas si kecil tentu tidak sebanyak orang dewasa. Oleh karena itu, tidak perlu mencuci rambutnya setiap hari. Saat mencuci rambut, gunakan sampo yang tidak pedih di mata. Pilih juga sampo yang terbuat dari bahan alami, misalnya yang mengandung pelembap alami seperti bunga canola ataupun aloe vera, kemiri, dan seledri.

3. Pilih pelembap yang mampu melindungi kulit bayi dari iritasi

Kulit bayi memang cenderung mudah kering sehingga perlu dijaga kelembapannya. Akan tetapi, gunakan pelembap secukupnya saja karena penggunaan yang berlebihan justru memicu timbulnya biang keringat.

Saat terbaik untuk menggunakan pelembap adalah setelah mandi. Selain itu, perlu memilih produk bayi yang bagus, yang tidak hanya melindungi tapi juga bisa mengatasi masalah kulit.

Sumber : Suara.com