Advertisement

Nyeri Otot hingga Kram Bisa Jadi Tanda Kekurangan Vitamin D

Newswire
Rabu, 09 September 2020 - 21:57 WIB
Nina Atmasari
Nyeri Otot hingga Kram Bisa Jadi Tanda Kekurangan Vitamin D Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Tubuh memerlukan vitamin D untuk membantu memperkuat tulang dan dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker.

Saat kekurangan vitamin D, seseorang bisa mengalami masalah otot, seperti lemah otot, nyeri, dan kram. Kekurangan vitamin D juga dapat berupa kelelahan dan depresi.

Advertisement

Baca juga: Bukan Hanya Aerobik, Ini 5 Pilihan Olahraga Bersama Keluarga di Rumah

“Dalam keadaan kekurangan vitamin D, jumlah kalsium yang diserap dalam tubuh tidak mencukupi kebutuhan kalsium tubuh. Hal ini yang mengakibatkan peningkatan produksi dan sekresi hormon paratiroid (PTH)," catat Mayo Clinic.

"Kekurangan vitamin D menyebabkan kelemahan otot dan nyeri otot baik pada anak-anak dan orang dewasa," imbuhnya.

Melansir dari Express, sebuah studi yang diterbitkan di US National Library of Medicine National Institutes of Health menyatakan bahwa kekurang vitamin D bisa ditandai juga dengan nyeri leher, nyeri punggung kronis, hingga otot kejang.

Baca juga: Keren, Rumah Kecil di Sudut Jakarta Ini Berhasil Raih Penghargaan Internasional

“Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan atau memperburuk sakit leher dan punggung serta otot kejang," catat para peneliti.

Oleh karena itu, para peneliti menyarankan untuk melakukan upaya peningkatan vitamin D. Setidaknya vitamin D bisa didapatkan dari paparan sinar matahari selama 15-20 menit sehari. Vitamin D juga bisa didapatkan dari suplemen, hingga makanan.

Makan makanan seperti ikan berlemak, hati sapi, dan telur juga akan membantu menjaga kadar vitamin D. Makanan ini juga mampu mengurangi risiko kelemahan otot, nyeri, dan kram.

Asupan vitamin D yang cukup sendiri berperan dalam membantu melindungi diri dari masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan beberapa jenis kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Kemenag Luncurkan Alquran Terjemahan Bahasa Gayo

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement