Bau Badan Bisa Bikin Anda Dijauhi Teman, Kenali 6 Penyebabnya

Ilustrasi. - Freepik
17 September 2020 06:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Bau badan yang timbul pada tubuh bisa membuat orang yang ada di sekitarnya menjadi tidak nyaman. Karenanya, bau badan akan mempengaruhi pergaulan seseorang.

Memiliki masalah bau badan tak sedap bisa sangat menyiksa. Berbagai cara pun dilakukan mulai dari mengubah pola makan, menggunakan pakaian berbahan tertentu, sampai menggunakan deodoran hingga parfum.

Meski begitu, mencari sabab musabab mengapa badan mengeluarkan bau tak sedap bisa menjadi jawaban yang lebih baik. Dilansir dari Times of India, berikut adalah enam penyebab utama bau tak sedap pada tubuh.

1. Bakteri
Ada dua jenis kelenjar keringat pada tubuh manusia yaitu kelenjar eccrine dan kelenjar apocrine. Kelenjar eccrine membantu mengatur suhu tubuh dan terdiri dari garam dan air yang sebagian besar tidak berbau.

Baca juga: Bingung Memilih Sampo Bayi? Ini yang Harus Diperhatikan

Sementara kelenjar apokrin terletak di dekat folikel rambut, ketiak dan di kulit kepala. Ini menghasilkan keringat tebal yang merupakan hasil dari protein dan lipid. Ketika bakteri bersentuhan dengan kelenjar apokrin, mereka menyebabkan reaksi kimia dan mengeluarkan bau busuk. Hal ini yang menyebabkan bau badan, dan ketika terkena suhu yang lebih tinggi, stres atau merasa cemas, bau cenderung lebih menyengat.

2. Berat Badan
Alasan lain yang menyebabkan bau badan adalah berat badan. Biasanya, orang dengan berat badan berlebih memiliki bau badan yang lebih buruk. Ini terjadi karena keringat mungkin tersangkut di lapisan kulit tebal yang pada gilirannya, memberi kesempatan bagi bakteri untuk berkembang.

Baca juga: Ini Manfaat Kesehatan Memiliki Anak di Awal Usia 20-an Tahun

3. Stres
Alasan ini mungkin mengejutkan tetapi stres dapat membuat tubuh semakin berkeringat. Ketika Anda stres, hal itu membuat kelenjar apokrin berkeringat dan mengembangkan bau badan.

4. Fish Odor Syndrome
Ini merupakan kondisi medis yang sangat langka diimana seseorang memiliki bau badan yang cukup amis. Bau ini juga dapat mempengaruhi nafas, urin, dan keringat yang diyakini disebabkan oleh suatu masalah gen. Untuk mencegahnya, Anda harus terhindar dari stres dan juga menggunakan deodoran antiperspirant untuk mengurangi bau badan.

5. Obat-obatan dan kondisi medis
Obat-obatan medis tertentu diyakini menjadi penyebab bau badan. Salah satunya adalah obat-obatan seperti antidepresan atau situasi medis tertentu seperti penyakit ginjal, hati, diabetes, yang memicu pertumbuhan bakteri lebih cepat pada kulit dan dapat menyebabkan bau badan yang aneh. Kalau sudah begitu, coba jaga kulit agar tetap bersih dan kenakan pakaian yang dapat menyerap keringat.

6. Makanan Tertentu
Makanan yang kita makan juga bisa memengaruhi bau badan lho. Sayuran seperti bawang, kubis, kembang kol, dan lainnya yang mengandung senyawa sulfur, dapat memengaruhi produksi kelenjar eccrine. Bahkan alkohol dan daging juga dapat menyebabkan bau badan. Tapi dengan minum banyak air, Anda dapat dengan mudah membasuhnya.

Sumber : Suara.com