Tiga Kegiatan Sederhana yang Bisa Bermanfaat Melepaskan Stres

Ilustrasi - Indiatimes
17 Oktober 2020 06:47 WIB Dewi Andriani Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Dalam perjalanan hidup manusia, pasti ada permasalahan yang harus dihadapi baik dalam pekerjaan maupun di rumah. Bahkan, kadang kala dapat permasalahan berdampak besar pada kesehatan mental dan emosional seseorang yang bahkan bisa menyebabkan stres.

Dalam kondisi tersebut, maka Anda perlu melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk melepas stres atau disebut dengan stres relief. Kegiatannya tak melulu harus berhubungan dengan jalan-jalan, Bahkan, hanya dalam 3 menit, Anda bisa merasa lebih ringan setelah melakukan kegiatan ini.

Baca juga: Selain Melezatkan Masakan, Ini Sederet Khasiat Bawang Merah

Andrea Dian, influencer yang memiliki beragam aktivitas juga merasa perlu beristirahat sejenak agar mood untuk mengerjakan pekerjaan lainnya menjadi baik. Andrea Dian sendiri menciptakan kegiatan sederhana dengan durasi 3 menit untuk melepas stres yaitu:

1. Stretching dan Latihan Pernapasan

Melakukan olahraga kecil dapat memberikan efek menenangkan bagi tubuh. Contoh olahraga sederhana yang dapat dilakukan adalah stretching atau peregangan. Lakukanlah peregangan tangan dan kaki selama 3 menit.

“Olahraga kecil yang juga dapat dilakukan adalah latihan pernapasan. Dalam hal ini, Anda cukup mengambil napas panjang dan menghembuskannya secara perlahan. Kegiatan ini dipercaya dapat membuat kamu lebih tenang,” terangnya.

Baca juga: Anak Terbentur hingga Benjol, Ini Pertolongan Pertama yang Tepat Dilakukan

Aktris sekaligus sports enthusiast Andrea Dian juga dikenal rutin melakukan olahraga di sela-sela kegiatannya di rumah. Di tengah kesibukannya yang padat, menyempatkan diri untuk stretching selama 3 menit mampu me-recharge tubuhnya untuk melanjutkan aktivitas selanjutnya.

2. Lakukan Kegiatan Seni

Melakukan kegiatan seni dapat menjadi cara terbaik untuk melepas stres. Dalam sebuah penelitian, melakukan kegiatan seni memungkinkan kita untuk bisa menyalurkan emosi dan perasaan secara konstruktif.

Kegiatan seni yang dapat dilakukan di rumah dalam 3 menit misalnya mendengarkan musik lewat aplikasi streaming, melakukan doodling, atau melukis. Hal-hal seperti ini dipercaya dapat melepas stres.

3. Bersyukur

Situasi stres biasanya menempatkan kita dalam keadaan terjepit. Padahal jika kita melihat lebih dalam, ada banyak berkah yang didapatkan selama ini di dalam hidup. Berangkat dari hal tersebut, kita bisa mulai belajar bersyukur.

Rasa syukur bisa dibilang memiliki kekuatan dahsyat untuk membuat hati lebih tenang. Rasa menerima diri dapat membuat kamu lebih legowo ketika sedang mendapat masalah. Untuk memulainya, cobalah kamu mulai menulis 3 hal kecil yang kamu syukuri setiap hari di buku catatan.

Sumber : Bisnis.com