Advertisement

Langkah Sederhana Atasi Stres Menurut 3 Pakar yang Berbeda Keahlian

Newswire
Minggu, 01 November 2020 - 05:17 WIB
Nina Atmasari
Langkah Sederhana Atasi Stres Menurut 3 Pakar yang Berbeda Keahlian Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Beban pekerjaan dan beban hidup yang harus dihadapi seringkali memmbuat seseorang menjadi tertekan. Bahkan, hal itu bisa berdampak menjadi stres.

Jika tanda-tanda situasi sulit mulai Anda rasakan, apa yang harus dilakukan agar tidak berlanjut menjaid stres?

Advertisement

Ada banyak cara untuk mengatur suasana hati dan mengarahkan fokus ke hal yang paling penting, yaitu dengan mengurus diri Anda sendiri.

Baca juga: Pakar: Gejala Kanker Paru Bisa Dilihat dari Kelopak Mata yang Mengendur

Kali ini ada tiga pakar kesehatan yang berbicara tentang cara terbaik untuk mengatasi stres secara efektif.

Psikolog klinis Joanne Chua dari Mind What Matters Psychological Consultancy mengatakan, langkah pertama adalah dengan melakukan perawatan diri dan tidak selalu menyalahkan diri sendiri.

“Berhentilah merasa bersalah karena menjaga dirimu sendiri! Jadwalkan waktu di kalender untuk menyehatkan tubuh dan pikiran. Ini harus terlihat seperti gambaran umum yang seimbang tentang hidup," kata Joanne.

Langkah kedua adalah dengan mempertahankan kebiasaan sehat. Tidak diragukan lagi, kesehatan fisik berdampak besar pada kesejahteraan mental. Dan itu termasuk aktivitas fisik yang teratur, nutrisi yang tepat, dan perawatan kesehatan.

Baca juga: 8 Tips Bekerja dari Rumah Tanpa Terganggu

Tetapi bagi kaum urban yang sibuk, mungkin sulit untuk melakukan aktivitas seperti olahraga atau makan sehat.

Pelatih pribadi bersertifikat serta salah satu pemilik dan manajer gym Spartans Boxing Club Mitch Hyde mengatakan, tubuh butuh pembiasaan untuk bisa melakukan konsisten lakukan perubahan.

“Kekuatan dari kebiasaan yang kuat dan positif akan memiliki efek jangka panjang, tidak hanya dalam perawatan diri, tetapi juga pada seluruh gaya hidup. Biasanya dibutuhkan waktu 21 hari untuk membentuk kebiasaan baru, dan efek sampingnya bisa menambah tahun hidupmu. Kebiasaan bagus untuk diterapkan termasuk seperti asupan air yang tinggi, latihan pernapasan, olahraga teratur, dan peregangan," paparnya.

Sementara itu psikoterapis Stephen Lew, yang juga seorang pelatih dan pendiri The School of Positive Psychology, mengatakan kebiasaan sehari-hari yang harus dilakukan adalah berfokus pada pernapasan. Karena setiap orang dapat secara sadar memusatkan perhatian pada pernapasan mereka.

"Mulailah bernapas masuk dan keluar perlahan, melalui hidung dan keluar dari mulut. Biarkan napas mengalir masuk dan keluar dengan mudah dari tubuh," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement