Advertisement

Benarkah Ada Hubungan Antara Rasa Lapar dengan Mudah Marah?

Newswire
Selasa, 24 November 2020 - 09:17 WIB
Nina Atmasari
Benarkah Ada Hubungan Antara Rasa Lapar dengan Mudah Marah? Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-- Kondisi lapar memang membuat tidak nyaman. Lapar adalah tanda dari dalam tubuh seseorang untuk segera mengisi perutnya dengan makanan. Rasa lapar yang muncul bisa ditandai dengan bunyi dari dalam perut atau keadaan lemas yang dirasakan tubuh.

Lalu banyak orang mengatakan rasa lapar tersebut bisa membuat seseorang gampang marah. Pasalnya, orang yang lapar cenderung mudah tersinggung serta emosional. Apakah benar ada hubungannya antara rasa lapar dengan mudah marah?

Advertisement

Dikutip dari Mental Floss, Senin (23/11/2020), ada alasan fisiologis bahwa suasana hati akan menurun ketika rasa lapar meningkat dan melibatkan glukosa darah. Ini juga yang menjadi alasan mengapa penderita diabetes lebih sering murung atau bingung ketika kadar gula darahnya rendah.

Baca juga: Jangan Buang Sisa Nasi, Bisa Jadi Bahan Pembuat Hand Sanitizer

Tubuh memproses makanan yang dimakan menjadi asam amino, lemak, dan gula sederhana, seperti glukosa. Secara khusus, otak bergantung pada fungsi glukosa.

Kemungkinan seseorang akan gagap ketika berbicara, sulit untuk konsentrasi, dan membuat kesalahan sederhana. Rasa cemas, pusing, serta gemetar akan terasa. Ada juga kemungkinan marah terhadap sesuatu hal yang biasanya tidak membuat emosional.

Hubungan antara gula darah rendah dan amarah yang begitu kuat dibuktikan melalui sebuah penelitian pada tahun 1984. Penelitian ini memprediksi kekerasan dari orang-orang yang kesulitan mengatur glukosa darahnya.

Baca juga: Proses Swab Covid-19 Ini Hanya 15 Menit, Cek Harganya

Ketika glukosa hampir habis, otak akan mengirim pesan ke organ tertentu untuk meningkatkan level Anda kembali. Ini bakal memicu adrenalin dan bisa membuat Anda cepat marah.

Jadi saat perasaan itu mulai muncul ketika seseorang lapar, pilihan terbaik makanan yang harus dikonsumsi seperti kacang-kacangan, alpukat, yogurt, hingga telur. Jenis makanan-makanan ini memiliki nutrisi serta mampu menstabilkan kadar gula darah.

Beriita ini sudah ditayangkan di Okezone dengan judul Benarkah Rasa Lapar Membuat Gampang Marah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement