Advertisement

Muncul Bercak Putih di Kuku Jari, Tanda Apa?

Newswire
Rabu, 25 November 2020 - 06:27 WIB
Nina Atmasari
Muncul Bercak Putih di Kuku Jari, Tanda Apa? Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Di ujung jari manusia terdapat kuku. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari dan memiliki pori-pori.

Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf. Kuku bukan bagian dari tulang, melainkan terbuat dari protein.

Advertisement

Kemudian melalui kuku, dapat diketahui kondisi kesehatan seseorang. Jika diperhatikan, muncul bercak kecil berwarna putih di kuku. Apakah ini?

Baca juga: Benarkah Ada Hubungan Antara Rasa Lapar dengan Mudah Marah?

Sebenarnya "bintik susu" itu adalah hal yang normal dan biasa terjadi. Bintik putih yang dikenal dengan punctate leukonychia ini muncul dikarenakan trauma pada kuku. Misalnya, jari terkena pintu mobil hingga hal kecil seperti mengetuk secara berlebihan.

Dirangkum dari Mental Floss, Selasa (24/11/2020), bercak putih itu terbentuk di dasar bantalan kuku, kemudian tumbuh seperti bagian kuku lainnya.

Dalam beberapa kasus, kekurangan zat seng bisa menjadi pemicu munculnya bintik susu tersebut. Namun, seperti penjelasan para penulis buku The Nails in Disease, hal itu jarang terjadi dan sebagian tidak memiliki penyebab khusus.

Baca juga: Perhatikan Fesesmu, Bisa Jadi Tanda Kondisi Kesehatan Usus

Meski demikian, ada beberapa jenis leukonikia yang perlu diperhatikan. Leukonikia totalis menunjukkan kondisi seluruh kuku telah memutih. Hal ini menjadi pertanda masalah kesehatan serius seperti gagal ginjal, penyakit jantung, atau diabetes.

Kemudian ada lagi yang disebut garis mees, yakni tanda putih muncul pada kuku membentuk pita. Ini bisa jadi indikasi tubuh keracunan arsenik atau talium.

Berita ini sudah ditayangkan di Okezone dengan judul Ini Penyebab Munculnya Bercak Putih di Kuku Jari, Bukan Hal Buruk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dapat Bantuan Dana Rp14 Miliar, Ini Ruas Jalan yang Akan Diperbaiki Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Kamis, 25 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement