Advertisement

Vaksin Covid-19 di AS Disuntikkan Pertama Kali untuk 2 Kelompok Ini

Syaiful Millah
Rabu, 02 Desember 2020 - 11:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Vaksin Covid-19 di AS Disuntikkan Pertama Kali untuk 2 Kelompok Ini Para peneliti di dunia tengah berlomba untuk menciptakan vaksin virus corona (Covid-19) yang efektif. - Euronews

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA –  Petugas kesehatan dan penghuni fasilitas perawatan jangka panjang harus menjadi yang pertama dalam antrean untuk mendapatkan vaksin virus corona. Hal tersebut disampaikan oleh panel ahli medis Center for Disease Control and Prevention (CDC).

Melansir Bisnis.com--jaringan Harianjogja.com dari New York Post, Rabu (2/12/2020) 15 anggota Advisory Committee on Immunization Practices (ACIP) memberikan suara untuk merekomendasikan pemberian prioritas vaksin Covid-19 kepada dua kelompok tersebut, yang mencakup 23 juta orang Amerika Serikat.

Advertisement

Peluncuran vaksin diharapkan dapat dimulai pada pertengahan hingga akhir Desember. Menurut perkiraan saat ini, tidak lebih dari 20 juta dosis kedua vaksin dari Moderna dan Pfizer akan tersedia pada akhir 2020, yang berarti suntikan harus dijatah pada tahap awal.

Baca juga: Klaster Perkantoran Bermunculan, Pemda DIY Tetap Tak Mau Terapkan WFH

ACIP memberikan rekomendasi kepada direktur CDC yang hampir selalu mendapatkan persetujuan. Nasihat dari panel tersebut telah diperhatikan secara luas oleh para dokter selama bertahun-tahun penanganan medis.

Namun, rekomendasi tersebut tidak mengikat dan otoritas negara dapat memutuskan apakah kana mengikuti panduan tersebut. Pemungutan suara tersebut dilakukan sehari setelah Moderna meminta izin darurat dari Doof and Drug Administration (FDA) untuk vaksin mereka.

FDA akan mengadakan rapat pada 17 Desember untuk mempertimbangkan aplikasi dari Moderna. Sebelum itu, lembaga tersebut juga akan mengadakan sidang pada 10 Desember untuk membahas aplikasi dari Pfizer, yang terlebih dahulu mengajukan izin serupa.

Baca juga: Jateng Sumbang Angka Kesembuhan Covid-19 Tertinggi Nasional

Panel penasihat akan bertemu di kemudian hari untuk memutuskan siapa yang harus mendapatkan dosis vaksin berikutnya. Kandidatnya bisa jadi guru, petugas polisi, pemadam kebakaran, pekerja penting lainnya, dan orang dengan kondisi kesehatan yang mendasari.

Sementara itu, sejumlah ahli memperkirakan bahwa vaksin Covid-19 masih belum akan tersedia secara umum untuk masyarakat luas hingga musim semi mendatang atau sekitar pertengahan hingga akhir tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement