Anda Penderita Diabetes? Ini Tips Sehat untuk Anda

Ilustrasi Diabetes Melitus - Istimewa
20 Desember 2020 11:27 WIB Novita Sari Simamora Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Penyakit diabetes bisa dialami siapa saja yang bergaya hidup tidak sehat. Penderita diabetes harus menjauh dari semua makanan manis.

Namun, bagaimana dengan perayaan Natal para penderita diabetes? Nah, berikut tips ramah diabetes ini akan membantu mereka menikmati perayaan Natal sepenuhnya.

Mengutip dari Times of India, Minggu (20/12/2020), penyakit diabetes umumnya terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat dan kebiasaan makan. Diabetes mencegah tubuh kita memproduksi atau menggunakan hormon insulin yang biasanya digunakan untuk menghasilkan energi.

Baca juga: TPST Piyungan Ditutup, Sampah Menumpuk di Depo

Penderita diabetes dilarang keras mengonsumsi makanan manis. Mereka juga sering tidak diperbolehkan minum jus buah tertentu karena kandungan gulanya juga tinggi.

Lantas, bagaimana penderita diabetes bisa menikmati Natal mereka? Penderita diabetes juga tidak dapat sepenuhnya menghindari segala makanan manis saat Natal tetapi harus menjaga kesehatan mereka juga. 

Penderita diabetes bisa mengonsumsi sarapan sehat seperti buah-buahan yang mengandung kadar gula yang rendah. Untuk makan siang, maka bisa menambahkan sayur-sayuran saat sedang merayakan Natal bersama.

Bila ingin mengonsumsi kue Natal, maka penderita diabetes bisa menikmati kudapan dari bahan baku uji jalar ataupun jagung untuk disantap bersama.

Baca juga: Satgas Covid-19 Jogja Optimistis Wajib Tes Antigen Tak Kurangi Minat Wisatawan

Untuk camilan saat Natal, maka bisa diganti dari kue manis menjadi kacang-kacangan. Kacang adalah camilan yang sehat untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi. Sebab, kacang kaya serat dan protein.

Kacang yang menjadi makanan sehat untuk diabetes, antara lain kacang almond, kacang kenari, kacang mete, kacang pistachio dan kacang tanah.

Sumber : bisnis.com