Ini Takaran Susu Formula untuk Bayi Berdasarkan Usianya

Ilustrasi. - Freepik
13 Januari 2021 20:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Makanan utama untuk bayi adalah air susu ibu (ASI). Kandungan ASI memiliki gizi yang melimpah dan bisa didapat dengan gratis lewat payudara ibu. Olah karena itu, ASI merupakan asupan terbaik bayi hingga usianya 6 bulan.

Akan tetapi, ada sebagian ibu yang mengalami masalah atau kendala dalam proses menyusui sehingga memberikan susu formula sebagai penggantinya.

Susu formula sebagai pengganti ASI pun sudah disetujui oleh badan kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) dengan alasan tertentu. Karenanya, pemberian susu formula sama sekali tidak masalah apabila orangtua memang tidak bisa memberikan ASI pada buah hatinya.

Baca juga: Kekebalan Vaksin Covid-19 Moderna Diklaim Bertahan 1 Tahun

Untuk itu, penting bagi orangtua untuk bisa memberikan susu formula dengan takaran yang tepat agar tidak berlebihan atau overfeeding.
Perhatikan usia bayi dan berat badannya untuk bisa memberikan takaran susu formula yang tepat. Takaran yang berlebihan tentu bisa membawa sejumlah dampak buruk.

Berikut ini adalah beberapa informasi dari The Asian Parent terkait panduan pemberian susu formula pada bayi.

1. Takaran Susu Formula untuk Bayi yang Berumur 1 Minggu
Untuk bayi yang baru berumur sekitar tujuh hari, takaran susu formula yang bisa diberikan adalah sekitar 60-90 mililiter. Sedikit sekali, ya?

Namun, kebutuhan bayi di usia segitu memang belum banyak. Bayi juga tidak akan bisa menerima takaran susu formula melebihi kebutuhannya.
Lagipula, saat baru berusia seminggu, bayi biasanya memiliki pola menyusu yang cukup sering, yakni sekitar sekali dalam setiap 3-4 jam. Jika bayi Anda tidur sampai melebihi lima jam, Anda bisa membangunkan mereka untuk diberikan susu lagi.

2. Takaran Susu Formula untuk Bayi yang Berumur 1 Bulan
Bayi yang sudah berusia satu bulan memiliki berat badan yang lebih besar, sehingga kebutuhan susunya juga sudah meningkat. Di usia segini, bayi mulai sudah bisa diberikan susu formula sebanyak 75 hingga 120 mililiter, dengan jadwal pemberian susu sekitar empat jam sekali.

Asupan bayi di usia satu bulan jelas meningkat karena metabolisme tubuh bayi bekerja lebih cepat. Oleh karena itu, penting sekali bagi orangtua untuk bisa memberikan takaran susu formula yang tepat agar bayi Anda tidak merasa kelaparan dan kebutuhan nutrisinya tercukupi.

3. Takaran Susu Formula untuk Bayi yang Berumur 2 Bulan
Bayi yang memiliki usia dua bulan tentu membutuhkan lebih banyak susu dibandingkan sebelumnya. Bayi yang usianya sudah mencapai dua bulan setidaknya membutuhkan takaran susu formula sekitar 105 hingga 210 mililiter setiap kali menyusu.

4. Takaran Susu Formula untuk Bayi yang Berumur di atas 2 sampai 6 bulan
Ketika bayi Anda sudah menginjak usia di atas dua bulan sampai 6 bulan, ia membutuhkan setidaknya 210 hingga 240 mililiter setiap kali menyusui. Dalam tahapan usia ini, bayi bisa menyusu sebanyak empat sampai lima kali dalam satu hari.

5. Takaran Susu Formula untuk Bayi yang Sudah MPASI
Biasanya, bayi yang sudah berumur 6 bulan ke atas akan mulai diberikan makanan pendamping ASI atau lebih sering dikenal dengan MPASI. Di tahapan usia seperti ini biasanya kebutuhan susu formula bayi akan berkurang sedikit.

Dengan adanya MPASI harian, kebutuhan susu formula akan berkurang sekitar 600 mililiter. Adanya asupan nutrisi harian dari MPASI akan memenuhi sebagian nutrisi harian si kecil sehingga kebutuhan susunya pun berkurang.

Hal penting yang perlu diketahui adalah kebutuhan susu setiap bayi berbeda. Sehingga, jika bayi Anda tidak mau minum susu dalam jumlah tersebut, tidak perlu khawatir. Karena kebutuhan nutrisinya masih dapat dipenuhi dengan memberikan asupan lain.

Demikianlah pedoman untuk pemberian takaran susu formula pada bayi. Jika Anda membutuhkan pedoman takaran susu yang lebih tepat dan sesuai dengan kondisi anak, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter anak. Semoga bermanfaat, ya.

Sumber : Suara.com