Ini 5 Manfaat Daun Srikaya, Salah Satunya Mencegah Penuaan Dini

Buah srikaya - Istimewa
14 Januari 2021 21:27 WIB Ika Fatma Ramadhansari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Buah srikaya merupakan salah satu buah yang dikenal di Indonesia. Srikaya adalah tanaman perdu yang tingginya mencapai dua hingga tujuh meter, dan buahnya yang biasa dijadikan selai berbentuk bulat dengan kulit luar yang kasar bermata banyak berwana hijau keputih-putihan.

Srikaya sendiri merupakan tanaman tropis yang banyak tumbuh di Asia dan Amerika Selatan. Selain buahnya yang manis dan kaya manfaat, daun srikaya sendiri ternyata juga kaya akan manfaat.

Namun penting untuk diingat, daun srikaya tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, dalam masa kehamilan maupun menyusui.

Baca juga: Anda Perlu Lakukan Ini Seusai Disuntik Vaksin Covid-19

Dikutip dari Instagram Kementerian Pertanian pada Kamis (14/1/2021), berikut beberapa manfaat dari daun srikaya:

1. Menstabilkan Gula Darah
Daun srikaya kaya akan serat. Sehingga khasiat dalam tubuh dapat memperlambat penyerapan gula dan menjaga kadar gula darah tetap pada batas nomal.

2. Memelihara Kesehatan Jantung
Daun srikaya juga mengandung kalium dan magnesium yang memberikan manfaat untuk menenangkan otot jantung. Mengonsumsi daun srikaya akan menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung.

3. Meredakan Nyeri Rematik
Manfaat lain dari daun srikaya adalah memiliki antiradang dan analgesik. Maka jika Anda meminum air rebusan daun srikaya akan membantu meredakan nyeri yang dialami.

4. Memperlancar Metabolisme dan Menambah Energi
Manfaat ini menjadi salah satu yang dicari pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Kandungan lain dari daun srikaya adalah adanya senyawa alkaloid yang berguna sebagai antidiare dan antimikroba.
Selain itu juga mengandung senyawa ketones yang berguna bagi tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi.

5. Mencegah Penuaan Dini
Kandungan antioksidan pada daun srikaya dapat melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari dan menghambat penuaan sel-sel kulit mati. Dikutip dari laman Sehatq pada Kamis (14/1/2021), daun srikaya ini bisa dikonsumsi dengan cara merebus daunnya dan meminum airnya atau juga bisa menumbuk daunnya dan diaplikasikan untuk kulit luar.

Sumber : Bisnis.com