Ibu Positif Covid-19, Bolehkah Menyusui Bayi Secara Langsung?

Ilustrasi. - Freepik
20 Januari 2021 22:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Di musim pandemi Covid-19 orang harus berhati-hati dan menjaga protokol kesehatan. Hal ini termasuk ibu yang menyusui bayinya. Bagi ibu positif Covid-19, ada kekhawatiran bahwa mereka akan menularkan penyakit itu ke anaknya. Tapi benarkah?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tetap menegaskan jika bayi harus mendapatkan air susu ibu (ASI) eksklusif selama 6 bulan tetap berjalan.

"WHO sudah tegas mengatakan selama masa pandemi tidak ada alasan satupun stop menyusui. Tidak ada satupun rawat terpisah (ibu dan bayi), harus rawat gabung itu WHO yang bilang," ujar Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, peneliti dari ILUNI MKK FKUI dalam acara virtual, Rabu (20/1/2021).

Baca juga: Lima Kutipan Bahasa Jawa di Film 'Sobat Ambyar', Bisa Memotivasi lho...

Pendapat serupa juga disampaikan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bahwa ASI eksklusif tetap haruals dijalankan tanpa terputus meskipun sang ibu positif Covid-19.

Hanya bedanya, jika WHO memperbolehkan bayi menyusui langsung dengan menggunakan pakaian alat pelindung diri (APD) atau minimal masker, IDAI, kata Dr. Ray merekomendasikan ASI diberikan dengan pompa dan dimasukkan ke dalam botol.

"IDAI sudah berikan rekomendasi ASI tetap bisa dilanjutkan, memang untuk ibu sudah terkonfirmasi positif Covid-19 itu IDAI bilang pompa dulu deh," terang Dr. Ray.

Baca juga: Ingin Kulit Wajah Tetap Sehat saat Memakai Masker? Ini Tipsnya...

Namun yang terpenting Dr. Ray mengingatkan belum ada satupun dalam penelitian yang menunjukkan ASI bisa menjadi media penularan Covid-19. Bahkan lebih dari 20 penelitian di seluruh dunia, membuktikan bahwa virus SARS CoV penyebab sakit Covid-19 tidak terkandung dalam ASI.

"Di seluruh dunia dan sudah dipublikasi di jurnal internasional. Itu semua membuktikan tidak ada virus SARS CoV di ASI. Jadi ASI tetap aman diberikan, meskipun dari ibu yang positif Covid-19," pungkas Dr. Ray.

Sumber : Suara.com