Advertisement

Ini Tips Sukses Menabung di Tengah Godaan Belanja yang Makin Mudah

Newswire
Kamis, 04 Februari 2021 - 10:57 WIB
Nina Atmasari
Ini Tips Sukses Menabung di Tengah Godaan Belanja yang Makin Mudah Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Untuk mengumpulkan uang, banyak orang harus menabung pendapatannya sedikit demi sedikit.

Namun, upaya ini sering berhadapan dengan kemajuan teknologi yang mempermudah akses kita untuk membeli apapun yang kita inginkan, bahkan hanya dengan rebahan di atas kasur sekalipun kita bisa memiliki barang yang memang kita inginkan.

Advertisement

Proses yang perlu dilakukan tergolong mudah, kita hanya perlu membuka aplikasi forum jual beli, lalu menentukan barang apa yang nantinya ingin kita beli dan sisanya kita hanya perlu bersabar menanti kurir paket mengetuk pintu rumah kita.

Baca juga: Cara Mengatasi Tersedak Menurut Dokter Paru-Paru

Kemudahan ini menjadi sebuah hal positif bagi sebagian orang namun juga menjadi hal negatif bagi beberapa orang karena mereka diharuskan untuk menahan hasrat masing-masing dalam mengeluarkan uang. Yang menjadi tantangan bagi kita di era saat ini adalah untuk menahan keinginan tersebut, kebutuhan semakin banyak pengeluaran juga akan semakin banyak.

Untuk kalian yang memang ingin menabung tidak perlu gusar, kami sudah merangkum beberapa tips sukses untuk menabung di tengah godaan belanja yang menggebu-gebu simak ya!

1. Tuliskan Motivasi Yang Kuat

Mengapa hal ini perlu kamu lakukan adalah ketika kamu sudah menentukan tujuan kamu untuk menabung maka akan ada motivasi kuat yang muncul dari dalam dirimu untuk menabung. Lain cerita jika kamu tidak memiliki tujuan maka dengan godaan yang beraneka macam akan menggoyahkan usahamu dalam menabung.

Yang perlu kamu lakukan adalah ambil secarik kertas lalu tuliskan apa motivasi terbesarmu untuk menabung, tujuan itu bisa bermacam-macam misalkan untuk menikah, melanjutkan sekolah, menunjang hobimu atau bahkan untuk keperluan mendesak. Selanjutnya kamu bisa menempelkan kertas tersebut pada dinding kamarmu sebagai pengingat.

2. Catat Setiap Pengeluaran dan Pemasukan

Hal ini menjadi hal yang paling mendasar dalam mensukseskan kamu untuk menabung karena bagaimana kamu bisa mengetahui berapa jumlah yang harus kamu sisihkan setiap bulanya jika kamu tidak tahu berapa pemasukan dan pengeluaran setiap bulan.

Baca juga: Mau Lakukan Perjalanan Jarak Jauh? Jangan Lewatkan Hal-Hal Penting Ini ya!

Setelah kamu merincikan setiap pengeluaran dan pemasukan maka kamu bisa menentukan berapa jumlah yang nantinya dapat kamu sisihkan untuk menabung. Disini kamu dapat memanfaatkan beberapa platform yang bisa kamu download melalui smartphone yaitu Money Lover – Money Manager, My Finances, Monefy – Money Manager, Expense IQ, dan Mint.

3. Buat Anggaran dan Tentukan Prioritas

Pada tahap ini kamu harus menentukan jumlah pengeluaran maksimal dalam setiap bulanya, hal ini bertujuan untuk menghindari pengeluaran di luar yang sudah dianggarkan. Contoh dalam setiap bulan nya kamu mengharuskan dirimu sendiri untuk memotong 10% dari pendapatanmu untuk disisihkan. Selain itu kamu juga harus memiliki prioritas akan segala kebutuhanmu, mana yang harus didahulukan dan mana yang bisa dinomor duakan.

4. Batasi Akses Untuk Belanja

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah mulailah untuk membatasi dirimu dari segala jenis godaan yang nantinya akan membangkitkan hasratmu untuk belanja. Kamu bisa mulai dengan mengganti hobimu yang tadinya rebahan dan scroll-scroll handphone dengan kegiatan yang lebih positif.

Semangat, selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Soimah Pancawati Masuk Radar Calon Bupati Bantul, PDIP Akan Sodorkan Formulir

Bantul
| Jum'at, 19 April 2024, 18:32 WIB

Advertisement

alt

Gelombang I Pemberangkatan Jemaah Calon Haji ke Tanah Suci Dijadwalkan 12 Mei 2024

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement