Tak Ingin Tubuh Anda Menua Lebih Cepat kan? Ini Resepnya

Penuaan dini
21 Februari 2021 17:47 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Celana Anda menjadi ketat di bagian pinggang dan masih pas di bagian bawah? Atau Anda malas keluar rumah sementara orang lain suka bersenang-senang bersama teman-temannya?

Apakah Anda tidak bisa mengangkat tas belanja Anda sendiri? Jika jawaban atas semua pertanyaan ini adalah ya, maka tubuh Anda sedang memberi Anda pesan.

Semua ini adalah tanda bahwa tubuh Anda cepat menua. Peningkatan lemak di sekitar pinggang dan penurunan kemampuan cengkeraman tangan dikaitkan dengan peningkatan risiko menurunnya kesehatan.

Ini juga menunjukkan bahwa tubuh Anda menua lebih cepat dari yang seharusnya.

Jika Anda merasakan bahwa tubuh Anda menua lebih cepat dari biasanya, berikut beberapa tips untuk mengatasinya dilansir dari Times of India :

1. Atur pola makan

Seiring bertambahnya usia, makanan tinggi serat seperti buah dan sayuran, oatmeal, kacang-kacangan, dan polong-polongan dapat membantu menjaga kesehatan usus Anda. Serat membantu menjaga kadar kolesterol tetap rendah dan membantu mengatur kadar gula darah.

Baca juga: Kalina Ocktaranny Batalkan Pernikahan dengan Vicky Prasetyo, Warganet Bersyukur

Itu juga menjaga berat badan Anda. Makan makanan yang kaya folat dan vitamin B untuk menjaga kesehatan otak Anda. Cobalah untuk makan lebih banyak makanan biji-bijian karena mereka menjaga jantung Anda tetap sehat dan penyakit seperti kanker menjauh. Makanan biji-bijian yang umum termasuk dalia, quinoa, sooji, tepung terigu, dan kacang-kacangan.

2. Jaga agar tubuh Anda tetap terhidrasi

Ini adalah faktor yang tidak bisa dilebih-lebihkan. Tubuh kita sebagian besar adalah air. Dehidrasi dapat mengganggu fungsi tubuh dan membuat Anda menua lebih cepat. Selain itu, seiring bertambahnya usia, rasa haus Anda menurun, yang berarti Anda mungkin perlu waktu lebih lama untuk mengetahui kapan tubuh Anda kekurangan cairan.

Air membantu mengontrol suhu tubuh Anda, meningkatkan mood dan fokus Anda, di antara banyak hal lainnya.

Anda dapat mengambil bantuan pengingat atau aplikasi untuk minum cukup air.

3. Terus bergerak aktif

Penting untuk tetap aktif secara fisik agar tubuh dan pikiran Anda tetap sehat. Berolahraga menjaga kesehatan tulang, otot persendian Anda. Itu membuat tekanan darah Anda terkendali, membantu Anda mengelola stres dan menurunkan kemungkinan penyakit jantung. Ini juga membantu dalam mengelola kondisi kronis seperti diabetes dan radang sendi. Seseorang yang sehat harus menargetkan setidaknya 150 menit latihan per minggu.

4. Suplemen vitamin

Lakukan tes untuk memastikan Anda tidak kekurangan vitamin atau mineral tertentu.

Baca juga: Hampir 7 Tahun Menikah, Kim Kardashian Gugat Cerai Kanye West

Bicaralah dengan dokter Anda dan ketahui apakah Anda membutuhkan suplemen. Selain itu, seiring bertambahnya usia, Anda mulai kehilangan lebih banyak kalsium dari tubuh, yang membuat kondisi seperti osteoporosis umum terjadi, terutama di kalangan wanita setelah menopause. Berjalan di bawah sinar matahari, makan salmon dan sarden untuk mendapatkan vitamin D, yang penting untuk menjaga kekebalan dan kesehatan mental. Ini juga membantu dalam penyerapan kalsium.

5. Kelola stres Anda

Jika pekerjaan, hubungan, atau hal lain yang membuat Anda stres, selesaikanlah. Telah ditemukan bahwa stres terkait pekerjaan dapat memiliki efek berbahaya pada DNA kritis di dalam sel. Ditemukan bahwa orang dengan stres terkait pekerjaan memiliki telomer terpendek, yang dapat merusak atau membunuh sel.

Pemendekan telomer berhubungan dengan penyakit Parkinson, diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular dan kanker

Sumber : bisnis.com