Advertisement

Kenali 7 Tanda Komplikasi Darah Akibat Covid-19

Desyinta Nuraini
Rabu, 24 Februari 2021 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kenali 7 Tanda Komplikasi Darah Akibat Covid-19 Ginjal - medicinet.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Virus SARS-CoV-2 memberikan dampak besar bagi organ manusia. Selain jantung dan otak, virus ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada darah yang mengalir ke seluruh tubuh hingga komplikasi bahkan pada orang yang masih muda dan sehat.

Komplikasi aliran darah juga dapat muncul pasca terinfeksi Covid-19. Oleh karena itu, banyak dokter yang memperingatkan pasien untuk berhati-hati dan melakukan pemeriksaan preventif, bahkan setelah sembuh untuk melihat kesehatannya.

Advertisement

Melansir Times of India, Rabu (24/2/2021), Covid-19 dapat menyebabkan pembekuan darah. Jika gumpalan darah menghalangi aliran darah yang mengalir melalui arteri atau vena, itu menyebabkan kerusakan jaringan dan kekurangan oksigen hingga membuat sel-sel di jaringan itu mati.

Meskipun sebagian pembekuan darah dianggap normal, yang menakutkan pada kasus Covid-19 adalah pembekuan yang tidak normal.

Karena virus juga mengaktifkan sitokin dan respons peradangan dalam tubuh, pasien dengan Covid-19 dapat mengalami peningkatan insiden pembekuan darah dalam tubuh, yang dapat merusak.

Berikut 7 Tanda Covid-19 Mempengaruhi Darah di Dalam Tubuh :

1. Pembekuan darah yang parah

Para dokter sekarang melihat tingkat masalah pembekuan darah yang sangat tinggi pada pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit, baik pada usia tua atau muda.

Masalah pembekuan darah tidak hanya dapat meluas, tetapi juga membawa risiko paling besar bagi orang-orang yang memiliki masalah yang sudah ada sebelumnya yang dapat memengaruhi aliran darah yang sehat, termasuk diabetes, tekanan darah tinggi, atau penyakit jantung.

2. Trombosis

Efek samping lain yang semakin terlihat dari infeksi Covid-19 di tubuh adalah trombosis vena dalam. Untuk beberapa kasus, itu juga menjadi penanda infeksi yang tidak biasa.

Trombosis vena dalam dapat terjadi ketika virus menyerang vena dan lapisan tungkai di kaki, menyebabkan pembekuan darah. Gumpalan tersebut dapat mengganggu aliran darah dan bahkan menyebabkan emboli yang menyakitkan dalam banyak kasus.

Meskipun gumpalan vena dalam biasanya terbentuk di paha atau tungkai bawah, dalam beberapa kasus, hal itu juga dapat berdampak pada bagian tubuh lainnya, dan berubah menjadi kondisi serius jika tidak segera mendapatkan bantuan.

3.  Pembengkakan atau peradangan kulit yang tidak biasa

Salah satu kerusakan paling penting yang disebabkan oleh virus ini adalah peradangan yang meluas di seluruh tubuh.

Ketika virus menyerang kulit dan menyebabkan peradangan, itu dapat menyebabkan banyak penggumpalan darah, yang kemudian menyebabkan pembengkakan, lesi, dan benjolan yang seringkali juga menyakitkan.

Saat ini, banyak ahli juga merasa bahwa pembengkakan, peradangan kulit bisa luput dari perhatian, atau kurang diperhatikan sebagai tanda serius Covid-19, yang mengarah pada diagnosis yang buruk dan masalah di kemudian hari.

Banyak pasien Covid-19 juga melaporkan menderita mati rasa, nyeri di tungkai atau jari, semuanya diklasifikasikan sebagai gejala trombotik. Karena itu, jangan anggap enteng tanda-tanda ini.

4. Perubahan warna pada kulit dan ruam

Ruam kulit, perubahan warna, fenomena tidak biasa yang disamakan dengan Covid-19 pada jari kaki juga kemungkinan merupakan implikasi dari virus yang menyebabkan kerusakan pada aliran darah dan berdampak pada kulit.

Perubahan ini diklasifikasikan sebagai gejala Covid-19 yang aneh dan dapat dialami anak-anak dan orang dewasa, banyak penelitian pendahuluan telah menunjukkan bahwa manifestasi kulit kemungkinan merupakan penyebab virus yang mengganggu aliran darah yang sehat.

Kerusakan pembuluh darah tepi juga dapat menyebabkan ruam biru-ungu-merah di dekat kulit pada mereka yang dinyatakan positif terkena virus.

5. Meningkatkan risiko stroke

Anehnya, Covid-19 juga dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke di antara pasien (asimtomatik, ringan atau berat). Bahkan mereka yang tidak memiliki riwayat kasus masalah jantung dapat mengalami stroke mendadak, yang selanjutnya dapat memperumit prognosis. Sekali lagi, risiko stroke yang meningkat adalah kemungkinan komplikasi yang disebabkan oleh aliran darah yang tidak normal atau pembekuan.

6. Kerusakan paru-paru dan jantung

Kerusakan yang ditimbulkan Covid-19 pada dua organ vital, jantung dan paru-paru, dan banyak gejala yang dapat ditimbulkannya telah dirinci sebelumnya.

Menurut banyak dokter, alasan kuat mengapa pasien yang sehat pun akhirnya menderita masalah seperti ini adalah pembekuan darah yang akut. Tekanan yang meningkat, pembekuan dapat menyebabkan gangguan dan gejala parah berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan setelah melawan virus.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Lancet Respiratory Medicine mengamati bahwa penggumpalan darah dapat menyumbat paru-paru dan menyebabkan masalah, termasuk sesak napas.

Dengan cara yang sama, jurnal Amerika lainnya juga melaporkan bahwa banyak pembekuan darah dapat melemahkan dinding jantung, menyebabkan aritmia, dan bahkan dalam beberapa kasus, masalah serius seperti serangan jantung. Seperti halnya kondisi lain, orang yang memiliki penyakit penyerta dan penyakit berisiko tinggi mengalami masalah seperti ini.

7. Kerusakan ginjal

Menurut penelitian yang dirujuk oleh John Hopkins Medicine, penyumbatan pembuluh darah di ginjal dengan bekuan darah dapat meningkatkan risiko pasien gagal ginjal dan bahkan mempersulit dialisis. Resiko paling besar ada pada mereka yang menderita bentuk penyakit yang parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Korban Apartemen Malioboro City yang Laporkan Pengembang Ke Polda DIY Bertambah

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

9 Daerah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana, Pj Gubernur: Tingkatkan Kesiapsiagaan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement