Advertisement

Usai Divaksin Covid-19, Jangan Lupa Minum Teh Hijau

Rezha Hadyan
Senin, 08 Maret 2021 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Usai Divaksin Covid-19, Jangan Lupa Minum Teh Hijau Secangkir teh hijau - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) mengatakan agar setelah disuntik vaksin Covid-19, seseorang bisa meminum teh hijau.

Melansir Eat This, Not That! pada Senin (8/3/2021), CDC merekomendasikan teh hijau lantaran minuman tersebut memiliki kandungan antioksidan tinggi. Minum teh hijau disebut-sebut sebagai cara terbaik untuk rehidrasi tubuh pascavaksinasi.

Advertisement

Seperti diketahui, penerima vaksin apapun akan mengalami kekurangan cairan atau hidrasi dalam tubuh mereka, terlebih ketika mengalami efek samping berupa demam. Teh hijau juga memiliki senyawa yang disebut catechin yang merupakan antioksidan yang sangat kuat.

Baca juga: Angka Kekerasan Terhadap Perempuan di DIY Melonjak, Pandemi Jadi Salah Satu Penyebab

Di sisi lain, CDC menyatakan bahwa teh hijau dipercaya mampu melawan Covid-19. Hal tersebut merujuk pada sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers tahun lalu.

Jurnal tersebut menunjukkan bahwa teh hijau mengandung beberapa senyawa kimia yang mampu menghambat fungsi salah satu enzim utama dalam virus SARS-CoV-2 atau virus penyebab Covid-19. Apabila enzim tersebut kehilangan fungsinya, virus tidak dapat lagi bereplikasi dan menyebar ke seluruh tubuh.

Di sisi lain, teh hijau juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan lain. Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau mampu mengurangi risiko kematian akibat diabetes serta memulihkan orang dari serangan jantung dan stroke.

Teh hijau juga dapat meningkatkan pembakaran lemak saat berolahraga serta meningkatkan pembakaran kalori saat istirahat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Daftar Tarif Tol Trans Jawa untuk Mudik Lebaran 2024, Jakarta-Jogja Rp507 Ribu

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement