Etika Kaum Pria kepada Perempuan di Ruang Publik, Salah Satunya Jangan Menatap!

Persahabatan pria dan perempuan
16 Maret 2021 18:47 WIB Luke Andaresta Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Kasus pelecehan seksual terhadap perempuan yang masih marak di Indonesia membuat para laki-laki dituntut untuk memahami bagaimana memperlakukan seorang perempuan dengan baik.

Melalui unggahan di instagramnya, Janina Victoria (@janinavictoria), seniman asal Inggris, membagikan beberapa tips bagi kaum laki-laki untuk membantu membuat perempuan lebih merasa aman di ruang publik.

Berikut tipsnya dikutip Bisnis :

1. Jaga jarak

Ketika berjalan di belakang seorang perempuan di malam hari, semakin dekat anda semakin dia merasa terancam. Jaga jarak yang baik antara anda dan dia. Jika anda turun dari bus di halte yang sama di malam hari misalnya, berjalanlah di depannya.

2. Jangan berlari dari belakang

Jika anda pergi ke luar pada malam hari dan berlari dekat seorang perempuan dari belakang itu bisa sangat menakutkannya. Jika kamu merasa akan melewati seorang perempuan, mungkin menyeberang jalan, berilah ruang yang cukup saat melewatinya.

3. Tawarkan untuk mengantar teman perempuan pulang

Bisa saja perjalanan yang dianggap aman oleh seorang perempuan berakhir menjadi tidak aman. Jangan menilai atau mengatakan bahwa perempuan itu berlebihan jika mereka meminta anda untuk menemani mereka ke suatu tempat.

4. Jaga tanganmu untuk dirimu sendiri

Banyak laki-laki melakukan ini. Mereka menyentuh bagian punggung perempuan saat berada di keramaian, seperti di bar atau sebuah konser. Jangan lakukan itu. Tidak ada alasan untuk menyentuh seseorang yang tidak kamu kenal.

5. Peduli dan bertindak

Jika kamu memperhatikan seorang perempuan tidak nyaman terhadap tingkah laku seseorang, jangan menutup mata untuk hal itu dan jadilah pribadi yang aktif. Cara sederhana, anda bisa berdiri di antara perempuan dan calon peleceh tersebut untuk menghalanginya. Tanyakan pada perempuan itu kalau dia baik-baik saja dan tetaplah bersamanya sampai si peleceh itu pergi

6. Jaga perkataan

Apa yang anda anggap sebagai pujian atau sanjungan, bisa saja menakutkan bagi perempuan yang kesepian. Berjalan ke arahnya dan memberinya pujian yang tulus adalah suatu hal, begitu pun dengan mengatakannya di seberang jalan

7. Jangan menatap

Bagi perempuan, ditatap oleh seorang laki-laki saat sendirian bisa membuat tidak nyaman. Untuk menghindarinya, lihatlah ponsel anda atau menatap jendela untuk menunjukkan padanya bahwa anda tidak ada di sana.

Janina menuturkan meskipun laki-laki di luar sana tidak bermaksud menyakiti, tetapi sulit bagi perempuan untuk bisa memahami siapa yang bermaksud menyakiti ataupun tidak. Kekhawatiran itu sangat sering dialami oleh perempuan.

Sumber : bisnis.com