Advertisement

Kolesterol Naik? Mungkin Anda Punya Kebiasaan Ini..

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 24 Maret 2021 - 15:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kolesterol Naik? Mungkin Anda Punya Kebiasaan Ini.. Ilustrasi - Authoritynutrition

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Dewasa ini, Kolesterol tinggi bukan hanya dimiliki oleh mereka yang berusia tua, namun juga kalangan muda. Penyakit ini juga tidak hanya menyerang mereka yang bertubuh berisi, namun juga yang bertubuh langsing.

Penyakit gaya hidup ini sudah menjadi sangat umum belakangan ini! Ketika tingkat kolesterol tidak sehat dalam aliran darah Anda menjadi lebih tinggi dari biasanya, itu disebut sebagai "kolesterol tinggi" dan ini bisa menjadi penyakit yang sangat serius!

Advertisement

Kolesterol tinggi adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung yang fatal, obesitas, dan penyakit lain yang dapat menyerang manusia. Kolesterol tinggi dapat dikendalikan dengan perubahan gaya hidup seperti mengikuti diet sehat dan olahraga rutin, bersama dengan obat-obatan tertentu.

Berikut beberapa kebiasaan tidak sehat yang harus Anda hindari, jika Anda memiliki kolesterol tinggi seperti dilansir dari Boldsky.com :

1. Menghindari Lemak Sehat

Kebanyakan dari kita orang awam mengira bahwa semua lemak itu tidak sehat dan bisa membuat kita bertambah gemuk atau meningkatkan kadar kolesterol kita. Namun, kita tidak menyadari bahwa tubuh membutuhkan lemak yang sehat agar dapat berfungsi dengan baik dan tetap sehat.

Tidak semua lemak tidak sehat. Misalnya, lemak dalam pizza dan burger tidak sehat, tetapi lemak dalam alpukat, ghee, dan kelapa itu sehat! Jadi, menambahkan lemak sehat ke dalam pola makan Anda juga bisa menurunkan kolesterol tinggi, secara alami!

2. Makan Jenis Daging yang Salah

Jika Anda seorang pemakan daging, yang mengonsumsi hidangan daging hampir setiap hari dan Anda telah didiagnosis dengan kolesterol tinggi, Anda harus segera melakukan perubahan tertentu dalam diet Anda. Mengkonsumsi daging seperti daging sapi, babi, dll., Dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda dan menyebabkan lebih banyak komplikasi kesehatan.

Anda bisa memilih daging tanpa lemak seperti ayam dan juga makanan laut, yang merupakan pilihan yang lebih sehat.

3. Diet Rendah Kalsium

Kalsium merupakan mineral yang sangat penting yang dibutuhkan tubuh kita agar tetap sehat dan kuat, khususnya di bidang perkembangan tulang dan sel otak. Selain itu, banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa kalsium juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Jadi, jika Anda tidak mengonsumsi makanan kaya kalsium seperti produk susu, bayam, telur, dll., Anda bisa memperburuk masalah kolesterol tinggi Anda!

4. Mengkonsumsi Makanan Bakery

Sebagian besar dari kita menyukai makanan seperti kue, cookies, roti putih, dll, bukan? Produk-produk ini adalah produk roti populer, yang dibuat dengan menggunakan ragi, gula, dan bahan olahan lain dalam jumlah tinggi. Nah, ramuan tersebut bisa sangat berbahaya bagi kesehatan Anda, apalagi jika Anda sudah terlanjur menderita kadar kolesterol tinggi! Makanan roti dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda, bersamaan dengan menimbulkan sejumlah masalah kesehatan lainnya.

5. Mengkonsumsi Diet Rendah Serat

Seperti yang kita ketahui, bersama dengan nutrisi penting seperti protein, lemak sehat, mineral, dll, serat juga sangat penting untuk ditambahkan ke makanan Anda agar secara umum tetap sehat. Serat sangat membantu bagi penderita kolesterol tinggi, karena dapat menghilangkan pembentukan plak di arteri, yang disebabkan oleh kondisi ini. Jadi, menambahkan makanan kaya serat ke dalam pola makan Anda seperti kecambah, buah, sayuran hijau, dll., Dapat membantu!

6. Mengkonsumsi Alkohol Berlebih

Kita mungkin sudah tahu bahwa mengonsumsi alkohol secara berlebihan secara rutin bisa sangat buruk bagi kesehatan kita, bukan? Bersamaan dengan masalah psikologis, dapat menyebabkan masalah fisiologis yang berbahaya, termasuk kanker! Sekarang, alkohol kaya akan lemak tidak sehat, sehingga dapat memperburuk gejala kolesterol tinggi secara drastis, bahkan jika Anda mengkonsumsinya sesekali!

7. Tidak Mengatur Berat Badan

Baik kolesterol tinggi dan lemak tubuh tinggi adalah penyakit gaya hidup yang berjalan seiring. Kolesterol yang tinggi dapat memicu penambahan berat badan dan sebaliknya. Jadi, jika Anda ingin menjaga kadar kolesterol Anda terkendali, Anda harus berusaha mengurangi berat badan dan kadar lemak tubuh, dengan berpegang pada diet ketat dan pola olahraga, setelah mencari bantuan dari seorang profesional!

8. Tidak Mengkonsumsi Kacang

Apakah Anda memiliki kolesterol tinggi atau tidak, mengkonsumsi kacang-kacangan secara teratur dapat meningkatkan kesehatan Anda secara signifikan. Kacang mengandung senyawa yang disebut sterol, yang terbukti secara alami dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jadi, mengonsumsi segenggam kacang setiap hari dapat membantu mengatasi masalah kolesterol tinggi Anda.

9. Tidak Mengelola Stres

Seperti yang telah kita ketahui, stres merupakan salah satu penyebab utama sejumlah masalah kesehatan, baik mental maupun fisiologis. Langsung dari sakit kepala, stres bisa menjadi penyebab penyakit seperti kanker! Jadi, ketika kadar kortisol dalam tubuh Anda meningkat karena stres, kortisol tersebut selanjutnya dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh Anda. Jadi, belajar mengelola stres bisa membantu menurunkan kadar kolesterol Anda. Bagikan artikel ini! Jika Anda suka membaca artikel ini, bagikan dengan teman dekat dan keluarga Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement