Advertisement

Waspada! Epidemiolog Ingatkan Virus Covid-19 Lebih Cepat Menular

Hanafi Nurmahdi
Rabu, 31 Maret 2021 - 15:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Waspada! Epidemiolog Ingatkan Virus Covid-19 Lebih Cepat Menular Varian virus corona B117 - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Belakangan ini ditemukan virus penyebab Covid-19, SARS-CoV-2, yang bermutasi menjadi sejumlah varian lain. Virus tersebut memiliki daya penularan lebih besar dan cepat.

Virus corona varian B117 tercatat ditemukan di Sumatera Selatan pada 11 Januari 2021, di Kalimantan Selatan pada 6 Januari 2021, di Kalimantan Timur pada 12 Februari 2021, dan di Sumatera Utara pada 28 Januari 2021.

Advertisement

Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan mutasi merupakan proses alamiah hasil dari perubahan kode genetik sebuah virus. Setiap virus bereplikasi atau memperbanyak diri memiliki perubahan kode genetik.

“Ya, ketika dia [virus] bereplikasi memperbanyak diri itu mengalami mutasi, dimana ada perubahan kode genetiknya," ujar Dicky dalam wawancara singkat di KompasTV seperti dikutip, Rabu (31/3/2021).

Baca juga: Begini Mekanisme Tilang ETLE dan Cara Membayarnya

Dia menuturkan varian baru tersebut merupakan hasil dari mutasi sebuah virus. Karena itu, mutasi virus Covid-19 layak disebut sebagai varian, strain, atau jenis baru virus Corona.

Kendati demikian, Dicky menuturkan ada hasil penelitian yang menunjukkan varian virus corona tersebut lebih cepat menular ketimbang pendahulunya.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan pemerintah terus memantau mutasi virus corona karena sudah menjadi karakter virus untuk selalu bermutasi.

Baca juga: Hasil Riset, Seperti Ini Kualitas Udara di Bioskop yang Sudah Tayangkan Film

Kemenkes juga terus menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) dalam setiap kegiatan untuk  meminimalisir penyebaran varian baru Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement