Hati-Hati! Urine Anda Bau Ini, Bisa Jadi Idap Diabetes Tipe 2

Tes urine - genengnews.com
08 April 2021 14:37 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Penyakit Diabetes tipe 2 biasanya tidak terlihat hingga kadar gula darah yang tinggi mulai menyebabkan kerusakan pada tubuh. Namun kadar gula tinggi bisa diketahui dari urine yang berbau.

Lantas bau apa yang harus Anda waspadai?

Diabetes tipe 2 bisa menjadi 'diagnosis yang menghancurkan', kata para ahli.

Diabetes tipe 2 menimbulkan kelebihan gula darah - jenis gula utama yang ditemukan dalam darah - di dalam tubuh. Tubuh menjadi kebanjiran gula darah karena oposisi regulasi - insulin - tidak berfungsi. Ada banyak tanda yang menunjukkan kadar gula darah tinggi secara konsisten.

Menurut Hussain Abdeh, Superintendent Pharmacist di Medicine Direct, tanda-tanda itu mungkin muncul di urine Anda.

Baca juga: Setelah Divaksin Masih Bisa Terpapar Covid-19? Begini Penjelasan Dinkes Sleman

"Jika urine Anda berbau buah atau manis, itu mungkin merupakan tanda bahwa Anda menderita diabetes. Ini karena kelebihan gula darah, dengan glukosa dibuang melalui urine Anda." ujarnya dilansir dari Express.

Menurut Abdeh, jika Anda memperhatikan bahwa urine Anda berbau sangat manis, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter Anda.

"Hal ini sangat penting dilakukan jika Anda buang air kecil lebih dari biasanya dan juga merasa sangat lelah atau sering merasa haus."

Urine yang berbau juga bisa menjadi efek tidak langsung dari gejala diabetes lainnya. "Salah satu penyebab paling umum dari bau urine adalah dehidrasi," jelas Abdeh.

Menurut Diabetes.co.uk, penderita diabetes memiliki peningkatan risiko dehidrasi karena kadar glukosa darah yang tinggi menyebabkan penurunan hidrasi dalam tubuh.

Abdeh menjelaskan Urine terbuat dari kombinasi air dan produk limbah. Ketika Anda tidak mendapatkan cukup air di tubuh Anda, ada ketidakseimbangan air dan produk limbah dalam urin Anda; ini bisa membuat bau urine lebih kuat dari biasanya."

Menurut Abdeh, baunya pada umumnya mirip dengan amonia. "Tanda lain bahwa Anda dehidrasi adalah jika urine Anda berwarna madu," tambahnya.

Baca juga: BPBD Sleman Siapkan Skenario Antisipasi Slikon Tropis Seroja

Menurut NHS, Anda harus menemui dokter umum jika Anda memiliki gejala diabetes tipe 2 atau khawatir memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

Semakin dini diabetes didiagnosis dan pengobatan dimulai, semakin baik. Seperti yang ditunjukkan oleh NHS, pengobatan dini mengurangi risiko masalah kesehatan lainnya.

Jika Anda memiliki diabetes, maka Anda akan diminta untuk melakukan perubahan gaya hidup untuk menurunkan kadar gula darah tinggi.

Ada dua komponen kunci untuk mengontrol gula darah. Pertama, memperbaiki pola makan Anda dan melakukan olahraga teratur.

Tidak ada yang tidak boleh Anda makan jika Anda menderita diabetes tipe 2, tetapi Anda harus membatasi makanan tertentu.

Yang harus diperhatikan adalah karbohidrat karena karbohidrat dipecah menjadi glukosa (gula darah) relatif cepat.

Untuk menghindari karbohidrat paling berisiko, Anda harus mengacu pada indeks glikemik (GI), yakni sistem peringkat untuk makanan yang mengandung karbohidrat.

Ini menunjukkan seberapa cepat setiap makanan memengaruhi kadar gula darah (glukosa) Anda saat makanan itu dimakan sendiri.

Sumber : bisnis.com