Tenang! Penularan Covid dari Menyentuh Permukaan Benda Terbukti Rendah

Mutasi virus corona B117 - istimewa
12 April 2021 13:17 WIB Luke Andaresta Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Masyarakat kerap khawatir dengan penularan covid-19 dari permukaan benda atau fomite transmission. Akibatnya, banyak orang yang menyemprotkan desinfektan kemana-mana bahkan ke makanan. Sebenarnya, sejauh apa penularan virus covid-19 karena menyentuh permukaan benda?

Melalui unggahan instagramnya, Dokter Adam Prabata mengungkapkan bahwa risiko penularan covid-19 dari permukaan benda di lingkungan sekitar diperkirakan terjadi hingga 72 jam, terhitung sejak orang yang terkena covid-19 berada di suatu ruangan (indoor).

“Risiko bisa sangat berkurang bila permukaan benda yang sering disentuh di ruangan tersebut telah dibersihkan dan didesinfeksi,” tulisnya dikutip Bisnis, (12/4/2021).

Adam juga menjelaskan ada 3 faktor yang mempengaruhi penularan covid-19 dari permukaan benda yaitu jumlah virus yang dikeluarkan oleh penderita dan menempel di sebuah benda, jarak waktu antara kontaminasi permukaan dengan tersentuh tangan dan lingkungan.

Baca juga: SBY Daftarkan Merek Partai Demokrat, Siapa Berhak Memiliki?

Lingkungan ini dilihat dari aliran udara dan ventilasi karena mempengaruhi virus yang menempel di permukaan dan suhu atau evaporasi yang dapat merusak partikel virus.

Muncul rekomendasi dari CDC yang menyatakan bahwa potensi penularan covid-19 dari permukaan benda ternyata rendah dan temuan tersebut mempengaruhi rekomendasi tentang penggunaan desinfektan.

Alasannya. penularan dari permukaan ternyata dapat disebabkan juga oleh cara penularan lain (droplet atau airborne) dan banyaknya faktor seperti lingkungan, jumlah virus, dan inefisiensi perpindahan virus dari permukaan ke mulut atau hidung menyebabkan penularan dari permukaan menjadi tidak efisien.

Lebih lanjut Adam juga memberikan tips untuk menurunkan risiko penularan covid-19 via permukaan yakni memakai masker, mencuci tangan, membersihkan permukaan secara rutin, dan mengoptimalkan ventilasi ruangan.

Sumber : bisnis.com