Advertisement

Dampak Jika Kurang Minum Air Mineral Saat Puasa, Bikin Berat Badan Naik

Janlika Putri Indah Sari
Selasa, 20 April 2021 - 23:47 WIB
Nina Atmasari
Dampak Jika Kurang Minum Air Mineral Saat Puasa, Bikin Berat Badan Naik Minum air putih bermanfaat untuk kesehatan tubuh. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Di bulan Ramadan, umat Islam haru menahan makan dan minum setengah hari. Menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh lamanya akan membuat tubuh menjadi lebih ringan dengan beragam manfaat kebaikan dari puasa. Namun, sering kali puasa juga membuat berat badan bertambah.

Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Diana Sunardi menjelaskan bila kondisi tersebut terjadi dikarenakan perubahan pola asupan yang berubah dan kurang minum air mineral.

Advertisement

"Tubuh tidak menerima asupan makanan dan air hampir 14 jam lamanya. Kemudian pada saat ada kesempatan makan di waktu berbuka tumbuh mengkonsumsi makanan dan minuman dengan jumlah banyak namun minum air meneral sedikit," katanya secara virtual pada acara AQUA Ramadan Talkshow, Selasa (20/4/21).

Baca juga: Terlambat Sahur, Ini yang Sebaiknya Dikonsumsi Agar Tetap Bertenaga Saat Puasa

Diana mengatakan bahwa tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik saat ramadan akan menumpuk timbunan lemak yang memicu kenaikan berat badan.

Setelah menahan lapar dan haus, tubuh membutuhkan asupan kalori dan gizi yang seimbang pada saat berbuka dan sahur. Namun asupan yang dikonsumsi oleh tubuh yang tidak semuanya diserap menjadi energi, ditambah jam makan dekat dengan jam tidur.

Baca juga: Begini Aturan Makan yang Sehat dan Benar

Asupan yang tidak mampu tubuh serap sebagai energi akan menjadi timbunan lemak yang mengubah komposisi tubuh.

Maka dari itu, asupan air mineral yang cukup akan menekan keinginan untuk mengkonsumsi asupan secara berlebih, selain itu akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh saat menjalankan puasa.

"Tubuh tetap membutuhkan asupan 8 gelas air selama berpuasa. Untuk itu, perlu mengingat 2-4-2 selama menjalankan ibadah ini untuk menjaga kesehatan," tutup Diana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement