Advertisement

Dokter: Penderita Diabetes Perlu Jaga Kadar Gula selama Puasa

Yudi Supriyanto
Rabu, 28 April 2021 - 05:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Dokter: Penderita Diabetes Perlu Jaga Kadar Gula selama Puasa Diabetes adalah penyakit yang terjadi ketika glukosa darah, juga disebut gula darah, terlalu tinggi. Seiring waktu, terlalu banyak glukosa dalam darah dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, kerusakan saraf, masalah mata, dan penyakit ginjal. - niddk.nih.gov

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Seorang dokter mengatakan para penderita diabetes harus tetap waspada terhadap potensi gangguan mata akibat komplikasinya meskipun secara umum puasa tidak memberikan pengaruh signifikan pada organ mata manusia.

Dokter Martin Hertanto, Medical Retina, Vitreo-Retina, and Cataract Specialist JEC Eye Hospitals and Clinics, mengungkapkan retinopati diabetik bisa menyebabkan pendarahan dan robekan pada retina sehingga menimbulkan gangguan pandangan, seperti berbayang atau munculnya bercak hitam, bahkan sampai kebutaan apabila tidak terdeteksi sejak dini.

Advertisement

"Karenanya, sangat penting bagi pengidap diabetes untuk tetap mampu menjaga kadar gulanya selama berpuasa, dan melakukan pemeriksaan retina secara berkala : minimal setahun sekali,tergantung derajat keparahan penyakit,” katanya, Selasa (27/4/2021).

Retinopati diabetik adalah salah satu penyebab kebutaan terbanyak di kalangan usia produktif.

Penyakit ini terjadi akibat tingginya kadar gula dalam tubuh yang tidak terkontrol secara berkepanjangan sehingga merusak pembuluh darah pada retina dan jaringan-jaringan yang sensitif terhadap cahaya.

Penyakit ini terbagi menjadi dua tipe.

Pertama, nonproliferative diabetic retinopathy (NPDR). Pada tahapan awal, terjadi sedikit kebocoran pada pembuluh darah.

Kedua, proliferative diabetic retinopathy (PDR). Pada tahapan lebih lanjut, mulai tumbuh pembuluh darah baru di retina (neovaskularisasi) yang mudah pecah dan mengalami pendarahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement