Berapa Suhu AC untuk Bayi Baru Lahir? Ini Jawaban Dokter

Foto Ilustrasi. - Ist/Freepik
19 Mei 2021 22:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Suhu yang dingin bisa mengurangi kelembapan kulit secara dratis. Bagi orang dengan kulit sensitif, ini bisa memicu alergi.

Hal ini dibenarkan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Good Doctor, dr. Jessica Lie, Sp.KK yang mengatakan kelembapan kulit anak, khususnya bayi baru lahir atau newborn harus sangat diperhatikan.

"Memang suhu AC berperan terutama untuk bayi newborn, terutama 30 hari pertama mereka (bayi) lagi beradaptasi dengan suhu lingkungan," papar dr. Jessica di Live Instagram The Asian Parent, Rabu (19/5/2021).

Lantas berapa suhu AC untuk bayi baru lahir? dr. Jessica mengatakan baiknya suhu AC tidak terlalu dingin dan samakan dengan suhu ruangan.

Baca juga: Luar Biasa! Ini 6 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh

"Kalau bayi seperti suhu ruangan biasa, seperti 23 hingga 24 derajat dengan AC low, mode dry cukup untuk menyejukkan, jadi tidak harus dingin sekali," jelasnya.

Ia melanjutkan suhu yang terlampau dingin, tidak hanya bisa menghilangkan kelembapan kulit anak, karena kadar air dalam kulit berkurang drastis.

Tapi jika kulit anak sudah kering, yang dikhawatirkan terjadinya ruam karena kulit sensitif, apalagi jika anak punya alergi kulit.

Mengutip Alodokter, jika kulit anak sudah terlanjur kering maka disarankan orangtua merawatnya dengan hati-hati.

Baca juga: Tips Untuk Perempuan Lajang, Ini 4 Cara Merayu Pria Impian

Seperti tidak terlalu lama memandikan anak, batasi 5 hingga 10 menit saja, rutin memakaikan pelembap agar kulit kering tidak semakin parah.

Ditambah pastikan anak selalu mendapat asupan cairan yang cukup, apabila anak masih menyusui pastikan ia mendapat air susu ibu (ASI) yang cukup.

Ada baiknya juga memperhatikan deterjen untuk mencuci baju anak, bebas parfum atau pewangi agar tidak menimbulkan ruam.

Sumber : Suara.com